Diskominfo Boltim Apresiasi Pelatihan Jurnalistik

BOGANINEWS, BOLTIM – Demi meningkatkan kualitas dan kompetensi, wartawan online dan cetak Biro Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar pelatihan jurnalistik di BPU Bulawan Induk, Kamis (24/01/2019).

Pelatihan jurnalistik tersebut, mengusung tema “New Media dan Tantangan Jurnalis di Era Multimedia”. Kegiatan tersebut di buka langsung Kadis Kominfo Boltim, Hamdi Egam. Dalam sambutannya Hamdi menyampaikan apresiasi positif atas kegiatan yang di gagas para wartawan Biro Boltim.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini guna peningkatan kompetensi wartawan. Harus ada pelatihan agar berkompeten. Makanya para wartawan media online patut meningkatkan kualitasnya, agar mampu bersaing di kondisi saat ini. Seorang penulis harus mampu menulis dan dikenal dengan tulisanya,” kata Kadis.

Ia juga berharap, agar wartawan dapat belajar bersama bagaimana menjadi jurnalis. “Jurnalis harus berjiwa profesional, karena ini pekerjaan yang sangat mulia. Dulu ada beberapa media yang sengaja di dirikan untuk memeras pejabat atau menyalah gunakannya. Namun saat ini tidak ada lagi. Perlu diperhatikan wartawan harus menjaga etika dan estetika, rapi, sopan dan berwawasan,” pintanya.

Terpisah dikatakan salah satu pemateri Rikson Karundeng, bahwa jurnalis adalah pekerjaan yang mulia dan pemberi informasi yang sesuai fakta. “Berita harus sesuai kejadian atau fakta dan benar nyata. Sumbernya harus jelas, bukan Hoax. Tulisan juga harus beretika, sopan, memuat semua informasi. Rumusnya sesuai penulisan 5W 1H, piramida terbalik, singkat padat dan jelas,” terang Rikson.

Diketahui, pada kegiatan tersebut, menghadirkan tiga senior wartawan sebagai pemateri yaitu Rikson Karundeng, Andre Barahamin dan Kalfein Wuisan. (Agung)

Komentar