Dinkes Tunggu Hasil Pemeriksaan 35 Warga Kotamobagu yang Diduga DBD

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Sebanyak 35 warga Kota Kotamobagu diduga terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal tersebut berdasarkan laporan yang diterima Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu.

Menurut Kepala Dinkes melalui Bidang Kesehatan Masyarakat, Apek Daeng Mangati, sebelumnya laporan yang masuk ada 34 orang, dan kemarin pihaknya menerima laporan lagi.

“Kemarin ada laporan yang masuk, ternyata ketambahan 1 orang yang diduga kena penyakit DBD, ditambah dengan jumlah sebelumnya jadi total menjadi 35 orang,” kata Apek, senin (28/01).

Lanjutnya, dari 35 orang itu, yang lain masih ditunggu hasil pemeriksaan labolatorium. “Kita belum bisa pastikan apakah 35 orang ini semua kena penyakit itu, jadi belum bisa kita katakan semunya positif karena ada sebagian yang dilaporkan itu masih menunggu hasil pemeriksaan,” jelasnya.

Dari laporan tersebut, memang paling banyak ketika diperiksa diduga terkena demam dengue, namun bukan berarti semuanya positif. “Kita masih sementara ikuti terus perkembangan pemeriksaan. Seandainya semua positif ,maka sudah bisa kita fonis dari keseluruhan jumlah laporan itu bahwa mereka semua positif DBD, tetapi hari ini belum bisa,” terangnya.

Ia pun menambahkan, selain pemeriksaan dan pengobatan dari tim medis, pihaknya bersama petugas Puskesmas akan turun langsung melakukan pengecekan di lingkungan rumah pasien yang terkena DBD. “Hal ini untuk melakukan penanganan antara lain Foging,” katanya. (Tr01/Ino)

Komentar