Bahas AGC, AMAN Gelar Pertemuan Dengan Wartawan Biro Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Jumat (25/1) menggelar pertemuan dengan para wartawan Biro Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dalam rangka membahas tujuan Artisanal Gold Gouncil (AGC) terkait Program Emas Rakyat Sejahtera (PERS), yang bertempat di Cafe Aisyah Tutuyan II, Boltim.

Menurut salah satu pengurus AMAN, Rikson Karundeng, program AGC ini demi kesejahteraan masyarakat dan dibiayai oleh Pemerintah Kanada.

“AGC melalui PERS berfokus pada perkembangan sektor Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) yang menguntungkan secara ekonomi, ramah lingkungan, dan bertanggung jawab di tiga wilayah program di Indonesia, yakni, Tatelu Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Tobongon Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) dan Paranggean Kota Waringgin Timur,”  jelas Rikson.

Lanjutnya, AGC ini juga memberikan solusi terhadap penggunaan zat kimia seperti merkuri. “Kelebihan AGC untuk menargetkan menghapus penggunaan pemakaian merkuri seraya memperbaiki perolehan emas. Jadi, semua emas yang ditangkap bukan hanya yang besar, tapi sampai yang terkecil,” kata Rikson.

Ia pun mengungkapkan kalau AGC ini sudah pernah dibahas dengan pihak Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. “Kami juga sudah membahasnya dengan Pemkab Boltim dan tinggal menunggu waktunya untuk di terapkan,” tambahnya. (Agung)

Komentar