Sejarah BMR Bakal Dibukukan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) memprogramkan pengembangan budaya baca melalui peneribitan buku sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan sejarah-sejarah Kota Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Kami sedang dalam pengumpulan data dan buku-buku sejarah Kotamobagu dan BMR. Nantinya akan disiapkan disini, agar para pengunjung bisa mengetahui sejarah daerah kita,” ungkap Kepala Dispursip Kotamobagu, Bambang Ginoga.

Lanjutnya, rencananya penulisan buku sejarah daerah tersebut direspon baik Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan. “Wakil Wali Kota sudah merespon itu. Intinya, saya masih mencari-cari sejarah-sejarah yang masih belum dipajang di perpustakaan, apalagi ini sejarah Kotamobagu,” terangnya.

Menurut Bambang, sekalipun mendapatkan sejarah BMR itu tidak begitu mudah, tetapi itu harus dijabarkan secara rinci. “Pastinya ada kesulitan untuk bisa mendapatkan sejarah daerah secara rinci, apa lagi tentang pahlawan-pahlawan harus nama lengkap, tanggal kelahirannya, termasuk pahlawan apa, meninggal di tahun berapa, sejarahnya meninggal dan sebagainya,” katanya. (Tr01/Ino)

Komentar