Wabup Sampaikan Pesan Bung Karno Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sabtu (28/10) menggelar upacara peringatan Sumpah Pemuda yang pusatkan di lapangan Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki.

Pada peringatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Bolsel Iskandar Kamaru SPt, yang menjadi inspektur upacara menyampaikan pesan Bung Karno, ‘Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara – saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air, tapi ini bukan tujuan akhir’.

Menurut Wabup, pesan mendalam ini disampaikan Bung Karno khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api Sumpah Pemuda harus diambil para pemuda Bolsel, kemudian terus dinyalakan. Para pemuda harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan, dan kedaerahan. Ego ini yang kadang kala mengemuka dan mengerus peraudaraan kita sesama anak bangsa,” jelas Kamaru. Ia juga meminta, agar seluruh masyarakat Bolsel, khususnya para pemuda sebagai generasi penerus, agar berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala – galanya. “Jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan,” terang Kamaru.

Wabup mengajak agar menghentikan segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kemudian merasa malu dengan para pemuda di tahun 1928 dan kepada Bung Karno, karena masih harus berkutat di persoalan ini. “Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ajaknya.

Wabup juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo, yang selama ini memberikan perhatian besar bagi pembangunan kepemudaan Indonesia. Bulan Juli 2017 lalu, Bapak Presiden telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2017 tetang koordinasi strategis lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan.

“Diharapakan, melalui Perpres ini peta jalan kebangkitan pemuda Indonesia terus digelorakan. Bersama pemerintah daerah, organisasi kepemudaan dan sektor swasta,” harapnya. Wabup pun mengajak untuk saling bergandengan tangan, bergotong royong, melanjutkan api semangat Sumpah Pemuda 1928. “Saatnya kita berani bersatu untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia,” tegasnya. (Holan)

Komentar