oleh

Pihak Medis akan Terus Memantau 50 Warga Bolmut Berstatus ODP

BOGANINEWS, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), terus berupaya melakukan penanggulangan penyebaran Covid-19 di wilayah perbatasan Gorontalo dan Sulawesi Utara (Sulut).
Menurut Kepala Dinas Kesahatan (Dinkes) Bolmut dr. Jusnan Mokoginta, saat ini ada 50 orang warga Bolmut dalam status orang dalam pengawasan (ODP) terkait wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). sebelumnya status ODP bagi warga Bolmut hanya berjumlah 14 orang, namun pihaknya terus melakukan identifikasi dan hingga saat ini meningkat menjadi 50 orang.
“Dari 500 warga yang dilakukan pemeriksaan oleh tim medis Satgas penanggulangan Covid-19 Bolmut beberapa waktu lalu, ada 50 warga masuk dalam kategori ODP. Beberapa warga tersebut baru saja melakukan perjalanan di wilayah dan malakukan kontak fisik dengan warga yang berada pada wilayah zona merah penyebaran Covid-19,” jelasnya.
Lanjut Jusnan, pihaknya hingga saat ini tak hentu-hentinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Bolmut untuk tidak panik, tapi tetap waspada dengan cara menghidari kerumunan orang banyak. Status ODP balum dinyatakan positif atau negati.
“Untuk itu kami terus melakukan pengawasan terutama selama 14 hari masa incubasi. Masyarakat dapat menghindari tempat kerumunan orang banyak, sebab virus ini bisa menginfeksi siapa saja tanpa memandang status sosial. Kami terus menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Bolmut, termasuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan yang dianggap efektif membunuh virus, selain itu pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan thermometer infra red kepada semua warga yang masuk Bolmut,” jelas Jusnan.
Terpisah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut) Juldin Bolota mengatakan, Pemda Bolmut melalui Tim Satgas pemberantasan Covid-19, agar terus melakukan pemantauan bagi warga yang berstatus ODP. Juga dapat terus mencarikan informasi siapa-siapa warga Bolmut yang baru datang dari daerah luar, apalagi yang melewati wilayah zona merah. “Hal ini perlu dilakukan, agar masyarakat Bolmut pada umumnya bebas  dari virus mematikan ini,” pinta Juldin. (WaOne)
Baca Juga:  Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Tahun 2020

Komentar

BERITA LAINNYA