Lakukan Pencegahan DBD Dinkes Bolmut Minta Peran Aktif Masyarakat

BOGANINEWS, BOLMUT – Untuk melakukan pencegahan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), maka pihak DPRD Bolmut angkat bicara.

Hal ini disampaikan anggota Komisi I DPRD Bolmut Juldin Bolota, bahwa perubahan cuaca yang tidak menetap di Bolmut, sangat dikhawatirkan akan mengakibatkan gejala DBD. Sehingga  Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dapat segera mengambil langkat kongkrit dalam melakukan pencegahan munculnya wabah DBD dengan melakukan foging.

“Saya juga berharap, Dinkes dapat melakukan foging di wilayah yang rawan akan wabah DBD,” pinta Bolota, Selasa (28/1/2020). Lanjutnya, jangan sampai sudah ada korban akibat DBD baru akan melakukan pencegahan. Sehingga perlu ada langkah serius untuk melakukan pencegahan DBD.

“Selain itu diperlukan juga peran aktif masyarakat dalam melakukan pencegahan DBD. Pada musim hujan pihak Dinkes terutama kesehatan lingkungan, dapat melakukan pencegahan menaburkan abate di tempat genangan air yang menjadi sarang berkembangnya nyamuk,” pinta Juldin.

Terpisah, Kabid penagulanagan penyakit penular dan tidak menular (Kabid P2) Febriyanto Lumoto mengatakan, foging adalah pencegahan terahir, maka langkah yang harus dilakukan menguras menutup, membersikan dan mendaur ulang barang- barang bekas.

“Kami juga berharap peran serta masyarakat dalam melakuakn pencegahan DBD. Masyarakat dapat memperhatikan kebersihan lingkungam terurama di sekeliling rumah. Apabila hal itu sudah dilakukan, maka tidak akan terjadi kasus DBD,” terang Lumoto. (WaOne)

Komentar