Bupati Bolmut Buka Pra Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2020

BOGANINEWS, BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Hi. Depri Pontoh, membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah dan Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bolmut tahun 2020, yang dilaksanakan di kantor Bapelitbang.

Dalam penyampaiannya Bupati Bolmut mengatakan, kegiatan Pra Musrenbang tingkat Kabupaten tersebut, sebelumnya telah diawali dengan tahapan Musrenbang desa dan kecamatan dengan melibatkan segenap stake holder. Tahapan ini telah mencerminkan mekanisme perencanaan pembangunan yang mengedepankan prinsip partisipatif, bottom up planning, demokratis dan transparan. Pra Musrenbang tingkat Kabupaten dilaksanakan untuk menyelaraskan program kegiatan perangkat daerah dengan usulan hasil Musrenbang Kecamatan dan mempertajam indikator, serta target kinerja program kegiatan perangkat daerah sesuai tugas dan fungsinya.

“Musrenbang ini untuk menyelaraskan program kegiatan antar perangkat daerah dalam mengoptimalkan pencapaian sasaran sesuai kewenangan dan strategis pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, serta menyesuaikan pendanaan program kegiatan prioritas berdasarkan kemampuan keuangan daerah untuk penganggaran pada APBD,” jelas Bupati.

Lanjutnya, tahun ini Pemerintah Daerah telah berkomitmen dalam proses perencanaan sudah berbasis e-Planning, yang memungkinkan akan mengalami banyak penyesuaian terhadap mekanisme perencanaan.

“Jadi tahapan yang tidak sesuai mekanisme dalam sistem akan ditolak secara otomatis. Sehingga tidak ada lagi peluang untuk menyisipkan kegiatan yang tidak melalui tahapan awal perencanaan,” papar Bupati.

Bupati juga mengajak, agar forum Musrenbang ini dimanfaatkan se optimal mungkin untuk memberikan masukan dan informasi dengan tetap memperhatikan aspek pemerataan, keterpaduan program kegiatan antar perangkat daerah sesuai skala prioritas dengan mempertimbangkan keuangan daerah.

“Jadi bisa diperoleh rumusan positif yang mencerminkan kebutuhan masyarakat dan mampu mendukung kemajuan pembangunan di daerah. Kepada semua pihak diharapkan untuk menghargai rumusan yang nantinya akan dihasilkan. Jangan ada lagi yang potong kompas usulan pada saat penyusunan APBD yang dapat mencederai kesepakatan yang telah ditetapkan,” tegas Depri.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Wabup Bolmut Hi. Amin Lasena, Sekda Hi. Asripan Nani, para Staf Ahli Bupati, Asisten, pimpinan Perangkat Daerah, para Camat dan Sangadi. (WaOne)

Komentar