Mewakili Bupati Bolsel, Asisten I Buka Lokakarya Terkait Pengelolaan Koridor Hidupan Liar Tanjung Binarean dan Bentang Alam TNBNW 

BOGANINEWS, BOLSEL- Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru,S.Pt diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Hi. Alsyafri Ustad Kadullah, S.Pd, MPD Kamis, (21/12/2023) membuka kegiatan Lokakarya yang diinisiasi oleh Widlife Conservation Society dan KSDA.

Kegiatan tersebut diagendakan selama tiga hari hingga 22 Desember 2023 yang digelar di Swissbell hotel Manado dengan tema “Lokakarya para pihak untuk diseminasi hasil studi rantai nilai, model bisnis evaluasi dampak proyek, dan keaneka ragaman hayati dalam mendukung kolaborasi pengelolaan koridor hidupkan liar tanjung binarean dan bentang alam Tman Nasional Bigani Nani Wartabone (TNBNW) secara berkelanjutan”.

Kegiatan ini juga dihadiri Asisten tiga, Kaban Bapelitbangda, Kadis PU, Kadis Kominfo, Camat Pinolisian Tengah, Kepala KSDA Sulut Ashari Dg. Masiki, Manager WCS IP Sulut Iwan Hunowu, Danny Rogi (WCS), Mrs. Devina (ICC).

Dalam sambutannya Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi dan sekaligus mendapatkan umpan balik terkait hasil studi rantai nilai, pengembangan model bisnis, evaluasi dampak proyek dan riset keanekaragaman hayati yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh para pihak terkait, serta melihat berbagai pembelajaran serta melakukan penyesuaian dan pengembangan program terkait strategi kolaborasi pengelolaan koridor Binarean dan Matayangan dengan berdasar studi terbaru sesuai kondisi lokal yang ada.

“Koridor Binarean maupun seluruh area Taman Nasional adalah tanggung jawab kita bersama, agar semua keanekaragaman hayati yang ada di kawasan ini dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang dan menjadi habitat ideal bagi flora maupun fauna yang terancam punah,”. Kata Asisten I.

Diketahui, yang menjadi peserta pada kegiatan tersebut adalah masyarakat sekitar koridor Tanjung Binarean.

 

Reporter : Holan Botutihe

Komentar