Dispora Kotamobagu Periksa 148 Orang Calon Paskibraka Tahun 2023

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kotamobagu melaksanakan pemeriksaan fisik untuk para calon Paskibraka (Capas) di wilayah kotamobagu, Selasa (21/3/2023).

Dalam kegiatan tersebut, turut di buka langsung Asisten 1 Nasli Paputungan dan di hadiri Kadispora, tim pelaksana, tim kesehatan, kesbangpol kotamobagu, dan jajaran pegawai Dispora.

Hal ini di ungkapkan, Kepala Dispora Marham Anas Tungkagi SE. Ia menjelaskan, hari ini merupakan tahap ke dua dan dalam tahap kali ini ada beberapa kriteria yakni parade, pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, pemeriksaan fisik antara lain tidak bertato, tidak bertindik, kaki tidak model O, serta pelaksanaan sampai sore hari.

“Selanjutnya, masih dalam tahapan ke dua di pertengahan bulan Ramadhan akan di laksanakan tahapan non fisik yakni tes TIP dan soalnya di kirim dari pusat serta memakai aplikasi dan setelah ujian TIP memasuki lebaran akan istirahat sejenak, ” ujarnya.

Tungkagi mengatakan, nantinya pelaksanaan tahapan akan di lanjutkan kembali pada bulan Mei masih menunggu arahan dari pusat. Dan masih dalam tahap ke dua yakni kesamaptaan, kepribadian. Setelah tahap ke dua selesai nantinya akan di Akumulasi nilai para capas mulai hari ini serta dari 148 orang ini kita akan mengambil 38 yang terbaik yakni, 20 putra, 18 putri, sudah termasuk 2 orang yang akan di utus ke Provinsi, artinya ada kurang lebih 110 orang yang belum berkesempatan sesuai juknis terbaru.

“Pengumuman 36 orang tingkat kotamobagu dan 2 orang ke provinsi akan di laksanakan di akhir bulan Mei setelah pengumuman dari tingkat provinsi karena aturanya provinsi terlebih dahulu di umumkan yang lolos ke provinsi kemudian di umumkan yang lolos tingkat kota, dua orang yang akan di kirim ke provinsi dan jika tidak lolos maka prioritas main di tingkat kota, ” terangnya.

Lanjutnya, untuk itu kabupaten/kota tidak bisa mengumumkan terlebih dahulu karena menunggu hasil dari provinsi yang lolos, muda-mudahan utusan kotamobagu yang akan di utus nanti bisa lolos. Cara pengutusan ke tingkat provinsi tentu mengikuti juknis yang baru ranking 1 terbaik putra dan rangking 1 terbaik putri.

“Secara otomatis, main di provinsi dan muda-mudahan yang di utus ini bisa lolos sehingga kita tidak memikirkan lagi serta ke 36 orang tingkat kotamobagu mendapatkan rangking 2 dan seterusnya. Akan di umumkan jika tidak ada arah melintang akan di umumkan pada tanggal 17 Mei 2023 di tingkat provinsi setelah itu kami akan mengumumkan yang lolos di tingkat kota tanggal 19 Mei. Jika sudah di umumkan kami lanjut ke proses tahap ke tiga yakni ke 36 orang akan mengikuti musdiklat bulan Juli serta 40 hari sebelum hari pelaksanaan 1u Agustus kami langsung masuk tahap pendidikan sampai ke pelaksanaan 17 Agustus semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar, ” ungkapnya.

Reporter: Sandi Gautama Mokoagow

Komentar