Bawaslu Bolsel Gelar Rakor Evaluasi Laporan Anggaran Panwascam

BOGANINEWS, BOLSEL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Selasa, (18/08/2020) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) evaluasi dan laporan anggaran Panwascam dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolsel tahun 2020.

Rakor bersama Kepala Sekretariat dan Staf ASN serta Staf teknis se-Bolsel ini untuk periode Bulan Juni 2020 bertempat di aula Kantor Kecamatan Bolaang Uki Desa Molibagu.

Yudi Kifly Malonda selaku salah satu pimpinan Bawaslu Bolsel mengatakan bahwa, semua yang tergabung di pengawasan harus menjalankan 3 fungsi pengawasan. “Pastinya semua yang tergabung dalam pengawasan mau dari tingkatan Desa, Kecamatan maupun Kabupaten harus menjalankan 3 fungsi pengawasan yaitu pencegahan, pengawasan dan penindakan,” jelas Kifly.

Sementara itu, Koordinator Sekretariat (Korsek) Bawaslu Provinsi Sulut Aldrin A. Cristian mengatakan pertanggung jawaban kesekretariatan menjadi hal yang wajib untuk tertibnya administrasi untuk mendaptkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI dalam hal pengelolaan keuangan.

“Tahun ini Bawaslu RI sudah kelima kalinya mendapatkan opini WTP dari BPK terkait dengan pengelolaan keuangan dan perlu kita ketahui bersama bahwa, penilaian ini secara keseluruhan dari tingkat Pusat, provinsi, dan Kabupaten karena sumber anggarannya sama,” ungkap Aldrin.

Di tempat yang sama, Korsek Bawaslu Bolsel Arthur Waroka, ST menyampaikan bahwa, dalam rangga pemilihan Kepala Daerah ini Panwascam sampai PKD mengelolah dana hiba yang nantinya dana ini akan masuk ke Dipa dan pastinya harus dipertanggung jawabkan bersama secara berjenjang.

“Jadi untuk pertanggung jawabannya harus berjenjang dari PKD mempertanggung jawabkan ke panwascam kemudian sekretariat panwascam mempertanggung jawabkan ke Bawaslu Kabupaten dan seterusnya sampai di Bawaslu RI,” terangnya.

Arthur menambahkan, bahwa pihaknya sangat siap untuk menghadapi Pilkada serentak di Bulan Desember  2020 mendatang, baik dalam segi pengelolaan keuangan maupun pengawasan. (Advetorial)

Komentar