Bupati Bolmong dan Anggota DPD-RI, Temui Warga Korban Bencana

BOGANINEWS, BOLMONG Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, tak henti-hentinya memastikan kondisi warganya yang beberapa waktu lalu diterjang banjir dan tanah longsor akibat meluapnya sejumlah sungai di di tiga kecamatan di Kabupaten Bolmong.
Kali ini, Bupati Bolmong didampingi anggota DPD-RI Perwakilan Provinsi Sulut, Cheris Hariate Mokoagow. Saat turun menemui warga terdampak bencana di Desa Kosio, Matayangan dan Dondomon, Bupati dan Cheris didamping Camat Dumoga Utara, Kapolsek Dumoga Utara dan Kacab Bank SulutGo, Selasa (28/7).
Saat diawancarai sejumlah awak media, Bupati mengaku sangat prihatin dengan kondisi warga akibat bencana. “Mari kita doakan semoga seluruh masyarakat yang terkena dampak bencana banjir baik di Kabupaten Bolmong maupun di Kabupaten Bolsel, tetap sehat, kuat, tabah dan penuh oprimis menjalani cobaan,” ucap Yasti.
Lanjutnya, sebagai langkah awal, pemerintah menyiapkan semua kebutuhan makanan bagi masyarakat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor. “Sambil kemudian pemerintah melihat kerusakan materil rumah, maupun lahan persawahan maupun ladang dari masyarakat,” katanya..
Pemerintah kata Yasti, dalam dua hari ini, sudah menghitung berapa ribu hektar sawah yang rusak, kemudian berapa ribu hektar yang di tanam jagung, kedelai dan sebagainya yang rusak, nanti akan dibantu.
“Akan ada pengadaan bibit yang baru, agar masyarakat bisa bercocok tanam kembali. Dari ketahanan pangan dan Dinas Sosial kita siapkan juga bantuan beras, karena dampak dari kerusakan areal persawahan ini. Ketahanan pangan di Kabupaten Bolmong, sedikit terganggu terutama masyarakat petani yang kemudian lahan persawahan rusak karena banjir yang begitu besar,” terangnya. (ino)

Komentar