Warga Boltim di Luar Daerah Tidak Bisa Mudik Selama Pandemi Covid-19, Sehan Jamin 600 Ribu atau Sembako

BOGANINEWS, BOLTIM – Upaya Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dalam pencegahan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19), terus di seriusi. Buktinya, Pemkab Boltim akan berikan jaminan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar 600 ribu rupiah sebanyak tiga kali, kepada warga Boltim yang berada di luar daerah, yang tidak bisa pulang kampung halaman (Mudik).
Hal ini disampaikan Bupati Boltim Sehan Landjar, kepada sejumlah awak media, Minggu (10/5/2020) saat mengunjungi Kecamatan Modayag, untuk penyaluran hak rakyat. Ia mengaku, akan memberikan bantuan BLT kepada warganya yang tidak bisa mudik selama kondisi pandemi.
“Anak-anak atau warga Boltim yang ada di luar daerah tidak boleh mudik. Tolong dicatat namanya agar bisa mendapat bantuan BLT dari pemerintah melalui Dana Desa (DD). Mereka menjadi tanggung jawab Pemda Boltim selama berada di luar daerah. Jadi saya minta kepada seluruh Sangadi (kepala desa) agar masukan mereka di BLT dana desa,” tegas Bupati.
Menurutnya, warga Boltim yang ada di luar daerah pasti tidak bisa pulang mudik saat lebaran nanti, karena adanya pembatasan di kondisi pandemi Covid-19.
“Mereka dalam masa tugas kerja atau sedang kuliah di luar daerah, otomatis tidak bisa balik ke kampung halaman karena pandemi ini. Jadi bagi Sangadi silakan cek warga kalian data dan kasih masuk BLT dari dana desa sebesar 600 ribu selama tiga kali, atau Bahan Pokok (Bapok). Saya yang tanggung jawab.  Saya wajib menyantuni mereka, hak mereka tetap dapat, karena mereka tidak bisa pulang. Kasihan bertahan hidup di luar daerah selama pandemi Covid-19.  Tujuannya agar mereka tidak manjadi kurir pembawah virus ini di Boltim. Ini merupakan langkah antisipasi saja jangan sampai sudah terinfeksi virus Covid-19 di luar daerah,” ucap Sehan. (Agung)

Komentar