Stok Pangan di Kotamobagu Masih Aman

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), bakal berakibat terjadinya krisis pangan disejumlah daerah. Untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah pusat meminta agar seluruh pemerintah daerah melakukan langkah-langkah antisipasi. Bahkan setiap daerah melaporkan ketersedian pangan diwilayahnya masing-masing.
“Saat ini tiap-tiap  daerah harus mengirimkan data ke pusat, untuk sinkronisasi data tentang ketahanan pangan. Data ini dibutuhkan agar ketersediaan dan kebutuhan pangan dapat diukur,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kotamobagu, Nurachim Mokoagow, Jumat (15/5/2020) usai melakukan teleconference bersama pemerintah pusat untuk pembentukan satuan tugas monitoring ketahanan pangan daerah.
Menurutnya, stok pangan di Kota Kotamobagu sendiri hingga saat ini masih aman. Dimana untuk ketersediaan pangan pada bulan Mei sebanyak 2.019 ton. Sementara untuk kebutuhan secara keseluruhan 1.295, 87 ton.
“Jadi kita masih surplus 753,13 ton. Ini diperuntukan untuk ketahanan pangan selama 1 (Satu) setengah bulan kedepan. Sampai bulan juni,” terangnya.
Sementara untuk kebutuhan selanjutnya katanya masih sedang dihitung. “Sementara dianalisis. Itu untuk ketersediaan sampai bulan Oktober,” jelasnya.
Dikatakannya juga, Pemkot Kotamobagu juga saat ini membentuk tim lintas sektor untuk ketahanan pangan. “Tim ini ada dari Dinas Pertanian, Perdagangan, Kesehatan dan beberapa intansi terkait lainnya,” tambahnya. (St)

Komentar