Pejabat Daerah di Boltim Teken Pakta Integritas

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melaksanakan acara penandatanganan pakta integritas, yang disaksikan langsung oleh Bupati Boltim Sehan Landjar dan Wakil Bupati Rusdi Gumalangit. Kegiatan tersebut digelar lantai tiga Kantor Bupati Boltim, Rabu (27/5/2020).
Proses penandatanganan diawali oleh Sekda Boltim Waroka dan diikuti para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para camat. Pakta integritas tersebut memuat beberapa poin penting terkait pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pimpinan satuan kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Boltim.
Diantaranya, berperan pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme, serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela, tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Para pejabat juga dituntut harus bersikap transparan, jujur, objektif, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas, menghindari pertentangan kepentingan dalam pelaksanaan tugas.
Para pejabat harus memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada pegawai yang berada di bawah pengawasan dan sesama pegawai di lingkungan kerjanya secara konsisten.
Dalam sambutanya Bupati Boltim mengatakan, pakta integritas ini, para pejabat akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya. “Bila mereka melanggar aturan-aturan tersebut, mereka akan siap menghadapi konsekwensinya,” tegas Bupati.
Bupati juga meminta kepada seluruh pimpinan SKPD dan Camat yang telah menandatangani pakta integritas agar dapat mematuhi semua yang telah tertuang dalam pakfa integritas tersebut. “Saya meminta semua SKPD dalam melaksanakan tugas agar dapat mematuhi pakta integritas yang telah ditandatangani tersebut,” jelas Bupati. (Agung)

Komentar