Pemkab Boltim dan BPS Gelar Rakor Sensus Penduduk 2020

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bersama Badan Pusat Statistik (BPS), mengelar rapat koordinasi (Rakor) Sensus Penduduk (SP) tahun 2020, bertempat di lantai 3 Kantor Bupati Boltim, Senin (9/3/2020).
Bupati Boltim Sehan Landjar, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka, saat membuka rakor tersebut mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 1999 tantang Penyelenggaraan Statistik, serta rekomendasi PBB mengenai sensus penduduk dan perumahan tahun 2020, maka Badan Pusat Statistik akan melaksanakan sensus penduduk tahun 2020.
“Sensus Penduduk Online tahun 2020 ini, merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang ke tujuh kalinya sejak tahun 1961, dengan tujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah,” jelas Warokka.
Lanjutnya, dalam pelaksanaan SP 2020, BPS melakukan inovasi dan pembaruan metode dibandingkan dengan enam SP sebelumnya. Kali ini akan menggunakan metode kombinasi yaitu memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementrian Dalam Negeri, sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap serta memanfaatkan berbagai jenis pengumpulan data yang menggunakan gadget. “Inovasi ini dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun terakhir,” terangnya.
Sekda juga menyampaikan pesan Bupati kepada seluruh aparat desa dan masyarakat, agar dapat mensukseskan SP 2020, dengan memberikan data dan membantu BPS dalam pendataanya. “Saya instruksikan kepada seluruh Camat dan aparat desa, agar dapat mengelar pertemuan dengan seluruh tokoh masyarakat, lembaga dan seluruh masyarakat, terkait bagaimana sosialisasi dan tahapan pendataan sensus penduduk online. Juga membantu pegawai BPS, agar capaian data penduduk di Boltim maksimal,” tegasnya.
Acara ini turut dihadiri oleh Kepala BPS Kota Kotamobagu Ir. Tjahja Winardi, Asisten III Pemkab Boltim Djainudin Mokoginta, Kepala Diskominfo Boltim Drs Hamdi Egam, serta para ASN Pemkab Boltim. (Agung)

Komentar