Dispar Boltim akan Rekrut 320 Pemandu Wisata

BOGANINEWS, BOLTIM – Guna meningkatkan daya tarik dan promosi destinasi wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), maka Dinas Pariwisata (Dispar) akan melakukan delapan jenis pelatihan bagi 320 pemandu wisata.
Menurut Kadis Pariwisata Boltim Rizky Lamaluta, pihaknya membuka kesempatan bagi pemuda Boltim yang akan dilatih untuk promosi wisata.
“Ada delapan jenis pelatihan untuk mempersiapkan di masing-masing destinasi wisata yang ada di Boltim. Pelatihan itu berupa  diving, paralayang, kuliner, pengelolah destinasi wisata Home stay, pelatihan snorckeling, menyelam dan ada beberapa pelatihan lainnya,” ungkap Risky, Rabu (22/1/2020).
Menurutnya, pelatihan tata kelola destinasi pariwisata di Kabupaten Boltim tahun 2020 penting bagi promosi dan pengembangan lokasi wisata.
“Pelatihan ini bertujuan untuk mendukung daerah dalam upaya meningkatkan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing kepariwisataan daerah, meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat lokal, serta perluasan kerja di bidang pariwisata,” jelasnya.
Untuk pelatihanya kata Kadis, bulan depan mulai action. Anggaranya sudah siap, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 1,1 Milyar. Sebanyak 320 orang akan di rekrut untuk masyarakat Boltim yang berminat masuk.
“Jadi nanti setelah di rekrut akan mendapat sertifikat dari Dispar, agar mereka ada bekal dan menjadi pemandu bagi wisatawan yang berkunjung di lokasi wisata Boltim. Dampak pelatihan ini, agar segera diraksakan oleh penikmat destinasi wisata, wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara yang berkunjung di Kabupaten Boltim,” terangnya. (Agung)

Komentar