Calon Perseorangan Belum Berikan Mandat ke Help Desk KPU

BOGANINEWS, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), sampai saat ini belum menerima mandat dari kandidat calon perseorangan, sejak dibukanya help desk terkait tahapan pemasukan dukungan bakal calon perseorangan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tahun 2020.
Hal ini diungkapkan Komisioner Divisi Teknis KPU Boltim Abdul Kader Bachmid, bahwa sejak di buka tanggal 3 Desember 2019, calon perseorangan hanya datang melakukan konsultasi, namun belum menyerahkan mandat bagi calon perseorangan ke KPU Boltim.
“Sampai hari ini belum ada yang menyerahkan mandat, padahal mandat itu penting untuk menunjuk operator bagi calon perseorangan. Selanjutnya, tim Help Desk nantinya akan memberikan informasi secara lengkap dan detail mengenai hal-hal teknis terkait pemenuhan syarat bagi bakal pasangan calon perseorangan, serta akan diberikan Bimbingan teknis (Bimtek) bagi operator Leason Officer (LO) meraka perseorangan yang akan dikonekan dengan operator KPU,” jelas Bachmid, kepada BoganiNews.com, Selasa (10/12/2019).
Ia juga menjelaskan, operator yang dipilih oleh calon perseorangan melalui mandat itu, akan diberikan Bimtek oleh KPU guna penggunaan aplikasi saat menginput KTP bagi calon perseorangan.
“Operatornya akan kami beri bimtek, karena untuk menginput KTP itu membutuhkan waktu kurang lebih tiga menit lamanya, sehingga butuh pelatihan khusus dari sekarang. Namun sampai saat ini belum ada juga yang datang. Bagaimana kita akan jadwalkan Bimteknya,” terangnya.
Pihak KPU juga menyarankan, agar bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan segera menunjuk mandat atau LO, karena waktu yang dibuka KPU Boltim sangat singkat.
“Adapun Help Desk akan di buka KPU Boltim hingga akhir Januari tahun depan, karena batas penyerahan dokumen tanggal 23 Februari tahun 2020. Makanya harus cepat,” pintanya. (Agung)

Komentar