Wabup Bolsel Buka Workshop PIS BOK

BOGANINEWS BOLSEL Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, Rabu (25/4) sekira pukul 19.30 WITA, membuka Workshop Program Indonesia Sehat (PIS) dan Mini Lokakarya Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di Hotel Sutanraja Kotamobagu.

Workshop PIS yang difasilitasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolsel ini, di ikuti 120 peserta yang terdiri dari Kepala Puskesmas (Kapus), Camat, Staf Puskesmas, Bendahara BOK dan Sangadi (kepala desa). Wabup saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Sehingga workshop ini sangat penting untuk di ikuti.

“PIS menjadi program utama pembangunan kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019,” jelas Kamaru. Ia juga meminta kepada semua Puskesmas untuk terus mensosialisasikan keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolsel. Begitu juga dengan bantuan operasional kesehatan, merupakan bantuan anggaran dari pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sangat penting untuk meningkatkan kinerja Puskesmas dan jaringannya.

“Jadi peningkatan kinerja ini salah satu diantaranya adalah menguatkan Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM). Khususnya dalam melaksanakan pelayanan kesehatan promotif dan preventif sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM),” terang Kamaru. Diketahui, pada kegiatan workshop PIS tersebut, Wabup didampingi Kepala Dinkes Bolsel dr. Sadly Mokodongan dan Kepala Bagian Humas Bolsel Ahmadi Modeong. (Holan)

Komentar