H2M Datung Banua di BMR

BOGANINEWS, BOLSEL – Gelar Datung Banua yang diberikan suku Sangihe kepada Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu (H2M), ternyata mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Nusa Utara yang ada di Bolaang Mongondow (Bolmong) Raya.

Pada Jumat (02/02) saat menghadiri perayaan Tulude di Desa Buntalo Kecamatan Lolak, H2M menjadi tamu kehormatan bagi Jemaat Gereja Masehi Injil Bolaang Mongondow (GMIBM) Solagratia. Bahkan kehadiran H2M pada perayaan Tulude tersebut, disambut dengan prosesi adat “Menakau Umbe Dingangu Menakeu Bawandang”, yaitu pemasangan Topi Adat, sebagai tanda bahwa masyarakat Nusa Utara.

Pada acara puncak Tulude ditandai dengan prosesi dan pemotongan kue Tamo oleh tokoh adat. Bendera Merah Putih yang tertancap dipuncak kue Tamo diberikan kepada H2M, sebagai simbol penghormatan dan penganugerahan H2M sebagai pemimpin masa depan. H2M dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada masyarakat Nusa Utara yang ada di Kabupaten Bolmong khususnya di Desa Buntalo Kecamatan Lolak, atas kehormatan yang diberikan kepada dirinya.

“Tulude pada hakekatnya adalah kegiatan upacara pengucapan syukur kepada Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan yang Mahakuasa) atas berkat – berkat-Nya kepada umat manusia selama setahun yang telah dilalui. Sehingga bagi kita, upacara adat ini merupakan momentum doa dan permohonan dalam bentuk ucapan syukur atas segala berkat dan perlindungan Tuhan di tahun yang telah lalu, sekaligus memohon agar Tuhan selalu menyertai, menuntun, memberkati dan tetap memberikan limpahan rezeki, kesehatan dan perlindungan bagi Pemerintah dan rakyat di tahun baru ini,” papar H2M.

Lanjutnya, tradisi budaya Tulude ini sangat penting untuk terus dilestarikan, karena secara rutin dari tahun ke tahun terus dilaksanakan. “Selain tradisi adat, Tulude dapat dijadikan salah satu objek wisata budaya dalam mengembangkan sektor Pariwisata di Kabupaten Bolmong,” kata H2M.

Kehadiran H2M di Desa Buntalo dalam rangka perayaan Tulude, turut di dampingi Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Wakil Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, Camat Lolak, Kapolsek Lolak, Danramil Lolak dan salah satu tokoh masyarakat Bolmong Yusuf Mooduto. Pada kegiatan tersebut, H2M memberikan bantuan Rp.10 juta untuk pembangunan pagar gereja dan Rp 5 juta kepada kelompok Masamper Buntalo. (Holan)

Komentar