oleh

Wali Kota Tatong Bara Lepas Pawai Takbir Idul Adha 1440 H

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara melepas pawai takbir hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah di depan Rumah Dinas (Rudis) Walikota, Sabtu (10/8/2019) malam.

Pada kesempatan itu, Tatong Bara dalam sambutannya mengatakan, hari raya Idul Adha ini dirayakan umat islam di seluruh dunia.
“Dimana peristiwa ini terjadi di ratusan abad yang silam dari seorang hamba Allah yang sangat taat, yakni, Nabi Ibrahim AS  serta putranya Ismail AS. Dalam peristiwa tersebut, mengambarkan kesabaran dan kepatuhan pada perintah sang khalid. Sehingga itu hendaknya dapat dijadikan sebagai sebuah pelajaran bagi kita semua, untuk mengambil hikmah yang terjadi di balik peristiwa itu,” kata Tatong.
Dikatakannya juga, kepatuhan dari Nabi Ibrahim AS yang menjunjung tinggi perintah Allah SWT, serta dibarengi dengan keiklasan dan kesabaran dari Nabi Ismail AS, menjadi  kekaguman para malaikat yang menyeruhkan kalimat takbir meyebut Asmah Allah yang kemudian disambut  Nabi Ibrahim dengan kalimat tahlil yaitu, Laillah ha Illallah Allah hu Akbar, dan diikuti oleh Nabi Ismail dengan ucapan tahlil Allah hu Akbar Walillah Ilham.
“Itu adalah lafas yang sangat mulia hingga saat ini terus di kumandangkan seluruh umat Islam di dunia saat merayakan hari raya Idul Adha, termasuk kita yang ada di Kota Kotamobagu,” katanya.
Untuk itu kata Tatong, pelaksanaan pawai takbir ini bertujuan untuk menyebut Asmah Allah lewat takbir, tahlil dan tahmid.
“Ini menjadi cara kita umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT atas segala kenikmatan yang telah dilimpahkannya kepada kita sekalian. Insya allah contoh keiklasan dan pengorbanan yang telah ditunjukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, akan mampu kita wujudkan dan  nyatakan dalam kehidupan kita sehari-hari, ” harapnya.
Turut hadir, unsur Forkopimda, Wakil Wali Kota Kotamobagu, Sekretaris  Daerah Kotamobagu, Ketua TP PKK Kota Kotamobagu, Plt Kepala Kementerian Agama Kotamobagu, Ketua PHBI Kotamobagu, para pimpinan OPD, Sangadi/Lurah se-Kotamobagu, serta masyarakat. (ino)
Baca Juga:  Pemkot Kotamobagu Sukses Gelar Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74

Komentar

BERITA LAINNYA