oleh

Dispernak Boltim Siap Tangani Masalah Kekeringan di Musim Kemarau

BOGANINEWS, BOLTIM – Untuk mengantisipasi kekeringan lahan pertanian di musim kemarau, maka Dinas Pertanian dan Perternakan (Dispernak) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), berupaya menyiram tanaman dengan menggunakan mesin pompa air.
Menurut Kepala Dispernak Boltim Setiono, pihaknya akan mengupayakan kekeringan lahan atau kebun petani dengan bantuan mesin pompa air sistim pompanisasi.
“Kita akan antisipasi musim kemarau dengan pompasinasi untuk kepentingan petani di Boltim. Gunanya, agar lahan tanam petani seperti jagung dan padi sawah akan tumbuh hingga menghasilkan panen sesuai keinginan para petani. Langkah ini perlu dilakukan, mengingat peningkatan produksi serta kesejahteraan para petani di Boltim,” jelas Setiono, Kamis (5/9/2019).
Namun sejauh ini kata Setiono, pihaknya belum ada permintaan dari petani terkait pompanisasi.
“Jika ada laporan dipastikan kita bantu pompanisasi. Sudah disiapkan enam unit mesin pompa air. Kita prioritaskan komoditi strategis yakni lahan jagung dan sawah. Sebab jika di lihat masalah kekeringan, itu terdapat di daerah pesisir, terutama lahan jagung, padi ladang, kedelai, dan lainnya,” jelasnya.
Ia juga meminta kepada petani, agar segera melaporkan jika ada lahan yang sudah mengering akibat musim kemarau saat ini.
“Kami selalu siap dan menunggu laporan petani terkait adanya kekeringan lahan. Mesin pompa siap digukan untuk pinjam pakai,” kata Setiono. (Agung)
Baca Juga:  DPRD Bolmut Minta Pemda Antisipasi Kekurangan Air Bersih

Komentar

BERITA LAINNYA