Tindak Lanjut Pertemuan Yasti dengan Kepala Basarnas Pusat, Kepala Basarnas Sulut Temui Yasti

BOGANINEWS, BOLMONG — Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Jumat (2/10/2020), menerima kunjungan Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Sulawesi Utara (Sulut) S.N.N Sinaga beserta jajarannya.
Ditemui usai pertemuan, Kepala Basarnas Sulut mengatakan, pertemuan dengan Bupati ini terkait koordinasi, dimana personil Basarnas di Sulut hanya 91 orang dan di Bolmong Raya ini hanya lima orang, maka pihaknya meminta dukungan jika terjadi bencana di wilayah Bolmong Raya, maka Pemda termasuk TNI, Polri dan masyarakat bisa bekerja sama untuk membantu penanganan bencana di Bolmong Raya.
Selain itu, karena pihaknya belum memiliki sarana dan prasarana, maka mereka meminta lahan kepada Bupati. “Muda-mudahan akan disetujui Pemda untuk mendirikan kantor. Tadi juga sudah langsung dikomunikasikan dengan bagian tata ruang untuk ditindaklanjuti,” katanya.
Bupati Bolmong sendiri mengatakan, pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dengan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas Marsdya Bagus Puruhito. “Pertama kita minta, kerena Bolmong ini luas dengan kondisi geografisnya, sehingga Bolmong jelas sangat rawan bencana,” kata Yasti.
Saat pertemuan dengan Kepala BNPP kata Yasti, ia meminta perlu ada kantor Basarnas di Bolmong, termasuk peralatan untuk pencairan dan pertolongan orang hilang, karena tugasnya Basarnas itu. “Itu sudah disetujui Basarnas. Hanya saja karena ada Pandemi Covid-19, jadi semuanya terdiam. Tapi pak Sinaga sudah datang ke sini untuk mengimplementasikan pembicaraan yang sudah saya sampaikan dengan Kepala Basarnas waktu itu. Insya Allah kita akan berikan lahan agar Basarnas bisa membangun gedung dengan mengadakan peralatannya. Mudah-mudahan ini akan segera di bangun di tahun anggaran yang baru,” kata Yasti. (ino)

Komentar