Pemkab Bolmong Akan Bantu Masyarakat Terdampak Bencana Alam

BOGANINEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), rencananya hari Senin (19/7) depan, akan beri bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam.

Hal itu disampaikan Bupati Bolaang Mongondow, Hj Yasti S Mokoagow, saat meninjau empat titik bencana alam, di Desa Komangaan, Mariri Baru, Nonapan dan Poigar Baru, Sabtu (17/7/2021) siang.

Usai melakukan peninjauan di lokasi bencana alam, Yasti telah memastikan, mencatat dan menghubungi sejumlah Instansi, dan akan menetapkan status bencana untuk Kabupaten Bolaang Mongondow.

“80 persen lokasi yang terjadi bencana sudah saya kunjungi. Malam nanti saya akan menandatangani surat untuk penetapan status bencana,” kata Yasti.

Terkait aliran air bersih yang putus, jembatan gantung putus, dan jalan putus, kata Yasti, ia sudah berkoordinasi dengan Balai Jalan, Balai Perkim dan Balai Sungai.

“Semuanya sudah kita data. Kadis Sosial Provinsi juga sudah saya hubungi. Hari senin nanti masyarakat yang terdampak akan menerima bantuan,” terangnya.

Selain itu, Yasti juga memastikan untuk infrastruktur yang rusak akibat bencana alam akan diperbaiki.

“Dan untuk infrastruktur yang rusak akibat bencana alam, banjir dan tanah longsor mulai akan diperbaiki,” terang Yasti.

 

Dikatakannya, Balai jalan sudah turun dan sangat responsive.

“Saat ini sementara dikerjakan, karena memang cukup parah longsoran. Saya ucap terima kasih atas bantuannya dari Balai jalan, Balai sungai dan Balai Perkim. Dinas Sosial juga tadi sudah mendata, dari Pemda juga sudah. Senin mulai kita tangani masyarakat yang terdampak,” Tegas Yasti.

Untuk tempat tinggal masyarakat yang terdampak bencana, kata Yasti, akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah.

“Tentu ada Rumah-rumah yang rusak ada bantuan dari Pemkab Bolmong, dan masyarakat terdampak ada bantuan dari Pemda dan Pemprov,” pungkasnya.

Untuk diketahui, curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan bencana alam, banjir bandang, dan tanah longsor sejak, Jumat (16/7) kemarin di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow, dan juga mengakibatkan ruas jalan AKD yang ada di Desa Komangaan, Kecamatan Bolaang tertutupi material longsor.

Selian itu di Kecamatan Poigar sejumlah Desa mengalami banjir bandang, puluhan rumah tergenang, sejumlah jembatan gantung dikabarkan rusak parah. (Advertorial)

Komentar