Pemkab Boltim Gelar Pelayanan KB Gratis

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluaga Berencana (DPPKB), saat ini tengah melakukan pelayanan program KB secara gratis kepada masyarakat.
Selain pelayanan KB, DPPKB juga mengusung dua program yaitu, pendewasaan usia perwakinan dan pembinan generasi muda sebelum berkelurga. Menurut Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana (KB), Julius Sanding, untuk pelayanan KB dilakukan gratis.
“Pelayanan KB ini sasarannya untuk seluruh Kecamatan, bahkan sampai ke desa-desa dalam skala urgensi. Namun yang menjadi prioritas di kampung KB. Seperti di Boltim ada 13 kampung KB yakni, Desa Togid, Bukaka, Bulawan, Iyok, Loyow, Jiko Belanga, Dodap Pantai, Motongkad Selatan, Buyandi, Mooat, Moonow dan Desa Moyongkota. Itu yang menjadi pruoritas jumlah penduduknya,” sebut Julius, Kamis (24/10/2019).

Selain itu, pihaknya juga mempunyai dua proram yang sudah dilaksanakan  terkait dengan pendewasaan usia perwakinan dan pembinaan generasi muda sebelum berkelurga.
“Program ini guna kesejahteraan keluarga ketika sudah saatnya berkeluarga. Juga program pembinaan generasi muda sebelum berkeluarga,” jelasnya.
‌Lanjutnya, disetiap kecamatan ditempatkan satu petugas lapangan guna melakukan pelayanan kepada peserta KB.
“Jadi setiap kecamatan satu petugas lapangan dan dibantu oleh petugas di desa setempat. Tujuanya memotivasi peserta KB baru dan bukan hanya kaum perempuan, tetapi bagi pria juga mendukung istri ber-KB,” paparnya. (Agung)

Komentar