Air Terjun Mongkonai Barat Salah Satu Potensi Wisata Yang Perlu dipromosikan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Salah satu potensi wisata alam yang dapat dikembangkan di Kota Kotamobagu, yakni Air Terjun yang berada di Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Air terjun setinggi 16 Meter tersebut dapat ditempuh sekira 500 Meter dari pemukiman warga setempat. Menurut Lurah Mongkonai Barat Yusuf Darwis, air terjun Mongkonai selama ini menjadi andalan wisata masyarakat Mongkonai dan seputar Kota Kotamobagu. “Setiap ada kesempatan kami selalu menyempatkan diri untuk berkunjung dan membersihkan area sekitar, kalau ini bersihkan pastinya banyak yang berkunjung,” kata Yusuf.

Sekalipun medan untuk sampai keloasi air tersebut cukup tinggi kata Darwis, namun hal tersebut tidak mempengaruhi pengunjung untuk mengunjunginya. “Medannya memang cukup tinggi, namun tetap banyak yang datang berkunjung, mereka tetap semangat meski melewati tanjakan yang cukup tinggi,” terangnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) Kota Kotamobagu Agung Adati mengakui air terjun Mongkonai merupakan tempat wisata yang layak untuk dipromosikan.

“Ada beberapa tempat wisata yang masih dalam program pengembangan kami, salah satunya wisata air terjun Mongkonai, sehingga kedepan kami akan kembangkan baik akses jalannya hingga fasilitasnya untuk dijadikan sebagai ikon wisata kotamobagu,” jelasnya. (Tr01/Ino)

Komentar