Puskesmas Motongkad Buat Ruang Bermain Anak – Anak dan Ruang Menyusui Ibu

BOGANINEWS, BOLTIM – Demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, telah menyediakan tempat bermain bagi anak-anak, dan ruang tempat ibu menyusui.

Menurut Kepala Puskesmas (Kapus) Helmi Lasama S.Kep, ini hasil insiatif saya sendiri sesuai program Pemerintah Kabupaten/Kota Layak Anak.

“Kreasi penyediaan tempat bermain khusus anak – anak dan ruang ibu menyusui ini, anggarannya saya cari sendiri, begitu juga bahannya dan buat seperti ini,” ungkap Helmi, Rabu (27/02/2019).

Lanjutnya, tujuan dibuatnya tempat bermain bagi anak – anak ini, agar Puskesmas sayang anak dan kelihatan hidup.

“Dengan dibuatnya tempat bermain ruang tunggu dan ruang menyusui ibu, agar menghilangkan stigma anak-anak yang takut Dokter, Bidan, dan Perawat. Banyak anak – anak trauma dan enggan masuk di Puskesmas karena takut dan bosan. Dengan adanya tempat ini, supaya anak – anak lebih nyaman bermain dan tidak kaku jika ke Puskesmas,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, bahwa kedepannya juga akan dibuat taman Tanaman Obat Keluarga (Toga).

“Masih satu lagi yang saya akan buat yakni, taman obat tradisional seperti tanaman kumis kucing, kunyit, jahe, dan tanaman obat herbal lainnya. Supaya kita tidak terfokus pada obat pil, sirup dan lainnya. Ini saya ada tanaman obat tradisional di halaman Puskesmas Motongkad,” ucapnya. (Agung)

Komentar