2019 Ini, Bolmut Sudah Miliki Mobil Pemadam Kebakaran

BOGANINEWS, BOLMUT – Kebakaran hutan dan rumah warga, kerap mengancam masyarakat di wilayah Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut akan mengadakan mobil pemadam kebakaran di tahun 2019 ini.

Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar melalui Kepala Bidang Damkar Viktor Posangi, mobil pemadam kebakaran ini manfaatnya banyak. Selain untuk melakukan pemadaman api bagi rumah-rumah penduduk dan kebakaran hutan, mobilnya juga bisa digunakan untuk keperluan bencana tanah longsor dan juga bisa dipakai untuk membersihkan selokan – selokan air yang tersumbat yang sering mengakibatkan banjir di rumah penduduk.

“Anggarannya telah tersedia di tahun 2019 ini, karena telah tertata di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dengan total Anggaran Rp 1,6 Miliyar,” ungkap Viktor, Selasa (12/2).

Lanjutnya, untuk pembelian mobil pemadam kebakaran tersebut memiliki kapasitas empat ribu liter. “Mobil pemadam kebakaran ini banyak manfaatnya, tidak hanya khusus untuk menjinakkan api di rumah – rumah penduduk dan kebakaran hutan, juga masyarakat bisa bernafas lega apabila ada terjadi kebakaran seperti di tahun – tahun sebelumnya,” jelasnya.

Terpisah, Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Ramses Sondakh saat dimintai tanggapannya mengatakan, kebutuhan mobil pemadam kebakaran di Bolmut ini sangat mendesak dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tahun 2018 lalu saja, ada beberapa kejadian kebakaran yang menimpa masyarakat dan karena tidak adanya fasilitas pemadam kebakaran akhirnya rumah masyarakat yang terbakar tidak bisa diselamatkan, sehingga kami tidak neko-neko bersepakat dengan Pemda untuk lakukan pembelian mobil pemadam kebakaran di tahun 2019 ini.

“Adanya mobil pemadam kebakaran di Kabupaten Bolmut ini bisa dimanfaatkan sebaik – baiknya oleh pihak Pemda dalam hal ini instansi terkait yakni Kantor Polisi Pamong Praja dan Damkar dalam membantu masyarakat,” kata Sondakh. (WaOne)

Komentar