Tahun 2019 ini, Dandes di Kotamobagu Bertambah

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Anggaran Dana Desa (Dandes) bagi 15 desa di Kota Kotamobagu pada tahun 2019 ini dipastikan naik dari tahun 2018 sebelumnya sebesar Rp 17,4 Miliar menjadi Rp 21,6 Miliar.

Hal ini dikatakan, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kotamobagu, Hamdan Monigi, bahwa jumlah pagu yang diterima pihaknya tahun ini lebih besar.

“Anggaran Dandes lebih besar, sehingga kita perkirakan masing-masing desa juga akan mengelola dana diatas Rp 1 Miliar,” ungkap Hamdan.

Menurutnya, untuk memastikan penyerapan Dandes sesuai dengan perencanaan dan maksimal, pihaknya memberikan batas waktu bagi 15 desa untuk menyelesaikan ABPDes. “Tadi ada rapat bersama 15 kepala desa, kita tegaskan APBDes sudah harus running awal Maret, supaya penyerapan anggaran lebih maksimal,” kata Monigi.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Muliadi Mondo mengungkapkan, kalau hampir semua anggaran yang akan diterima 15 desa di Kotamobagu mengalami kenaikan.

“Dandes naik hingga 21,6 Miliar, ADD Rp 41,1 Miliar, DBHP naik Rp 800 juta, DPHRD naik Rp 900 juta,” ungkap Mondo. (tr01/Ino).

Komentar