Pastikan Pemilu Jurdil, Bawaslu Boltim Awasi Pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten

BOGANINEWS, BOLTIM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memantau sekaligus mengawasi jalannya rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh KPU tingkat Kabupaten Boltim.

Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto didampingi jajaran pimpinan Bawaslu lainnya yakni  Trisno Mais, dan Harmoko Mondo, juga jajaran Panwascam turun langsung memantau dan mengawasi jalannya rekapitulasi pleno KPU Boltim bertempat di BPU Kecamatan Tutuyan pada hari Selasa (27/2/2024).

Mutahir mengatakan, sesuai surat pemberitahuan dan jadwal dari KPU Kabupaten Boltim, bahwa hari pertama pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara dimulai dari 2 kecamatan, dan bergulir kecamatan lainnya.

“Pleno KPU tingkat kabupaten diagendakan berlangsung selama 4 hari kedepan, dimulai pada tanggal 27 Februari sampai 2 Maret 2024 mendatang. Hari ini perhitungan dimulai dari Kecamatan Motongkad dan Kecamatan Mooat, dan selanjutnya bergulir sisa kecamatan lainnya,” ujar Ketua Bawaslu Boltim.

Sebelumnya kata Mutahir, pihaknya telah mengawasi rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan, dan sekarang mulai perekapan di tingkat kabupaten.

“Bawaslu telah melakukan pengawasan dari tingkatan TPS. Nah, jika ada persoalan yang terdapat selama di TPS, tentunya sudah selesai di tingkat kecamatan,” terangnya.

Menurutnya, rapat pleno penting ini dilakukan untuk memastikan keabsahan hasil penghitungan suara berjalan dengan transparan.

“Pleno penting agar memastikan keabsahan, kesesuaian akurat, dan terpublikasi pemilu yang jujur adil, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, ketentuan -ketentuan teknis dan administratif penghitungan tersebut juga harus terpenuhi dengan baik,” tegasnya.

“Untuk memastikan pleno berjalan dengan baik, Bawaslu juga akan menghadirkan Panwaslu Kecamatan untuk ikut mengawasi jalannya rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten sesuai jadwal yang ditentukan.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar