Tangani Sampah di Ibu Kota, DLH Boltim Siap Bangun TPSS

BOGANINEWS, BOLTIM – Untuk menangani sampah di ibu kota, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), tahun ini rencananya akan membangun Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di Desa Togid, Kecamatan Tutuyan.

Kepala DLH Boltim Sjukri Tawil, kepada sejumlah awak media, Jumat (5/4/2019) menuturkan, tahun ini Boltim akan memiliki TPSS.

“Untuk lokasinya ada warga yang meminjamkan lahan. Selanjutnya kita seriusi penanganan soal TPSS dalam waktu dekat ini. Minimal kita bisa menangani sampah-sampah di tempat fasilitas umum yang ada di ibu kota,” kata Kadis.

Lanjutnya, untuk ukuran TPSS lebar 25 meter dan panjang 40 meter. “Teknisnya kita gali lubang dengan ke dalaman 4 meter, panjang 10 meter serta lebar 5 meter. Ukuran total lahannya 25×40 meter,” jelas Kadis. Dikatakannya, setelah sampah sudah masuk sekitar setengah meter, akan di tutup dengan tanah. Kemudian  selanjutnya di gali lagi di sebelahnya.

“Semua sampah yang masuk ke TPPS di antaranya sampah pasar, sampah kantor, sampah di jalan dua jalur kantor bupati, kantor DPRD, serta sampah di kawasan sekitar Desa Tombolikat sampai Desa Togid. TPSS ini sifatnya hanya tempat pembuangan sementara, karena lahannya dipinjamkan oleh salah satu warga. Untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan luas lahan sekitar 5 Hektar, kita tunggu pembangunannya, dengan penyesuaian RTRW,” paparnya. (Agung)

Komentar