Penyebaran Virus ND Terus Diawasi

iBOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Untuk mengantisipasi penyebaran virus Neucastel Disease (ND), Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Peternakan akan terus mengawasi setiap tempat peternakan ayam di Kotamobagu.

Hal ini dikatakan Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dispertanak Kotamobagu, Samsul Lasena, bahwa langkah tersebut dilakukan untuk mencegah masuknya virus ND yang akan merambah pada unggas.

“Setiap kelompok ternak ayam baik di desa dan di kelurahan yang ada di Kotamobagu akan diawasi,” kata Lasena. Senin (3/9).

Menurutnya, pengawasan terhadap objek-objek ternak dilakukan sebelum unggas terkena virus.

“Kalau virus sudah mulai menyebar,  tentunya sangat mengancam peliharaan para peternak. Dampaknya mengakibatkan kerugian baik kecil maupun besar bagi peternak, kalau ayam peliharaan mereka mati,” jelas Lasena.

Lebih lanjut katanya, sekalipun virus ND jarang muncul di Kotamobagu, namun pihaknya selalu siap melakukan vaksin di Kotamobagu.

“Kami siap melayani kalau ada laporan dari warga atau dari peternak yang meminta kami turun ke lapangan melakukan vaksinasi,” katanya.

Untuk itu kata Lasena, Dispertanak akan terus berkoordinasi dengan para pertenak agar mudah menyelidiki tempat ternak di Kotamobagu. “Dengan begitu, muda-mudahan ternak unggas di Kotamobagu bersih dari virus berbahaya,” terangnya. (Ino)

Komentar