Dinas PU Masih Menghitung Kerugian Kebakaran Kantor Bupati Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL – Kerugian akibat kebakaran kantor Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) lantai III, saat ini masih dihitung oleh instansi teknis untuk anggaran perbaikan.

Menurut Kepala Dinas PU Teddi Manika, pihaknya masih melakukan penghitungan anggaran yang akan digunakan dalam rangka perbaikan. “APBD Perubahan ini, anggarannya akan ditetapkan oleh daerah. Petugas teknisnya masih sementara melakukan penghitungan,” kata Teddi.

Lanjutnya, dalam proses penghitungan anggaran untuk perbaikan, tidak bisa dilakukan hanya setengah-setengah. “Misalnya salah satu bagian bangunan yang mengalami kerusakan, penganggarannya bukan hanya bagian yang rusak yang dihitung. “Tapi hitungannya dibuat sekalian dalam satu bagian, berapa ukurannya dan berapa anggarannya yang diperlukan,” terangnya.

Dikatakannya, untuk lantai III yang terbakar, secara keseluruhan hingga atap bangunan, mengalami kerusakan yang cukup parah. Kalaupun anggarannya tidak mencukupi untuk APBD-P, maka tahun 2018 mendatang bisa kita anggarkan lagi. “Tapi akan kita prioritaskan perbaikannya di APBD perubahan ini,” aku Teddi.

Ia juga mengungkapkan, kerugian yang dialami akibat kebakaran tersebut, bisa dipastikan miliaran rupiah karena kerugian kita cukup besar. “Hanya dengan melibat secara kasat mata saja, sudah bisa ditaksir kerugian miliaran rupiah. Saat ini kita masih menunggu hasil hitungan tenaga teknis, baru bisa diketahui berapa jumlah anggaran yang akan disediakan daerah,” terangnya. (HBO)

Komentar