oleh

Menelusuri Wisata Kota Malang

BOGANINEWS, MALANG – Kota Malang merupakan salah satu daerah di wilayah Propinsi Jawa Timur. Malang dan beberapa daerah pemekarannya, menyimpan banyak potensi wisata yang sangat menakjubkan.

Sejumlah tempat wisata di Malang yang paling bagus serta lagi hits dikalangan para wisatawan, lengkap mulai wisata alam, pantai, kuliner khas daerah, tempat belanja, tempat nongkrong di malam hari, wisata religi, sejarah candi, edukasi, sampai pada wahana permainan untuk anak dan keluarga ada semua di daerah ini.

Wisata Selecta Kota Batu Malang

Disebutkan bahwa, Kota Malang bersama Kota Batu dan Kabupaten Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan sebutan Malang Raya atau Wilayah Metropolitan Malang. Kota Malang sebagai pusatnya dikelilingi oleh Kota Batu di sebelah barat laut, dan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, barat, dan utara.

Malang dan sekitarnya memiliki potensi pariwisata yang sangat menarik dan lengkap untuk dikunjungi. Mirip dengan Bandung, sebagian besar wilayahnya merupakan daerah pegunungan yang berhawa sejuk dengan panorama yang sangat indah. Sebelah selatannya berjejer pantai-pantai pasir putih yang indah nan eksotis.

Wisata Flyingfox Kota Batu Malang

Tak hanya itu, berbagai objek wisata baru yang menyajikan wahana unik dan atraksi seru juga hadir di kota ini. Apalagi kulinernya, sungguh lezat menggoda selera. Pantas saja jika Malang Raya menjadi salah satu ikon wisata Jawa Timur sekaligus tujuan wisata favorit di Indonesia.

Bagaimana dengan akomodasinya? Tentu saja sangat recommended. Hotel, Mall, restoran, tempat ibadah, sampai alat transportasi semua tersedia di tempat ini. Penginapannya juga banyak pilihan, mulai dari hotel berbintang sampai kelas melati, semua tersedia. Akses menuju kota ini pun bisa Anda pilih melalui jalur darat (kereta api dan kendaraan) atau udara.

Baca Juga: 

Kota Apel ini, memiliki beberapa destinasi wisata yang relatif fresh untuk dijadikan peta wisata dan referensi liburan. Seperti Omah Kayu, yang merupakan tempat wisata favorit anak muda. Objek ngetrend ini memang pas banget untuk dijadikan lokasi hunting foto di Malang yang instagramable.

Foto Rumah Kayu (Omah Kayu) Batu Malang

Di sini pengunjung bisa melihat pemandangan area persawahan dari ketinggian. Semilir angin khas Kota Malang menambah nilai kenikmatan nongkrong di rumah kayu tersebut. Rumah kayu ini benar-benar tempat wisata yang romantis di Malang, dan sangat cocok buat lokasi bulan madu atau prawedding. Omah kayu sebenarnya adalah penginapan dengan konsep mirip rumah pohon.

Tempat wisata lainnya seperti Museum Angkot, juga sangat spektakuler. Jika kita datang ke Museum Angkut, maka kejenuhan seketika akan sirna. Tempat wisata Batu Malang ini, memiliki konsep yang berbeda jika dibandingkan dengan museum yang ada pada umumnya.

Museum Angkot di Kota Batu

Kalau di museum lain menawarkan benda-benda bersejarah seperti bebatuan zaman purbakala, alat makan zaman dulu, atau mungkin senjata perang, tapi di museum ini mengoleksi mobil-mobil tua yang original. Mobil-mobil tua dari berbagai benua seperti Eropa, Amerika, atau Asia bisa temui di tempat ini.

Bahkan kendaraan-kendaaran tradisional seperti kereta yang ditarik oleh kuda dan sapi pun ada. Hal yang lebih keren di museum angkut tersebut yakni mobil yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno, presiden pertama Indonesia.

Ada juga tempat religi yang sangat menarik di kota Malang, yang wajib dikunjungi yaitu Masjid Tiban Turen Malang. Masjid ini berada di kawasan Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang terletak di Turen, Kabupaten Malang. Untuk menikmati wisata religi disini, pengunjung tak perlu membayar tiket masuk. Cukup izin dengan penjaga masjidnya saja.

Baca Juga:  100 Guru di Bolmut Ikut PLPG
Foto Masjid Tiban Turen Malang

Pondok Pesantren yang namanya cukup panjang ini mempunyai makna Laut Madu, maka tidak heran jika masjid ini memiliki warna biru yang sangat dominan. Konon katanya, masjid ini dibangun dalam waktu semalam oleh para Jin. Benar atau tidak mitos tersebut, kita tak perlu tahu yang penting keunikan yang dimiliki Masjid Tiban ini.

Foto Masjid Tiban Turen Malang

Keunikan dan keistimewaan Masjid Tuban yang menjadikannya sebagai salah satu tempat favorit wisatawan, ternyata masjid ini memiliki corak dan bentuk arsitektur seperti perpaduan budaya antara Timur Tengah, China dan budaya Modern. Perpaduan budaya inilah yang menjadikan masjid ini menjadi salah satu spot keren berfoto yang instagramable.

Tak hanya itu, di dalam ponpes tersebut juga tersedia kolam renang, dilengkapi perahu yang hanya khusus untuk dinaiki wisatawan anak-anak. Di dalam komplek ponpes juga terdapat berbagai jenis binatang seperti kijang, monyet, kelinci, aneka jenis ayam dan burung. Pantas saja banyak jasa paket wisata Malang yang memasukkan masjid ini dalam tour liburannya. (*)

Peliput: Tim BoganiNews.com
Editor : Indah Elychia Samuel

Komentar

BERITA LAINNYA