oleh

Bupati Serahkan Kunci Rumah Layak Huni

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), Hi Herson Mayulu SIP, Kamis (10/11) pekan lalu, menyerahkan secara simbolis kunci Rumah Layak Huni (RLH) bagi fakir miskin dan lanjut usia (Lansia) di Desa Salongo Kecamatan Bolaan Uki yang sebelumnya dikategorikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).
Kepala Dinas Sosial, Nelly Kasiaradja, mengatakan, RTLH di Bolsel berjumlah 65 Unit yang terdiri dari RTLH fakir miskin sebanyak 40 unit, RTLH lansia 25 unit. “Sekarang ini perlu dilaporkan penyerahan secara simbolis, yang berada di Desa Salongo yaitu RTLH fakir miskin 10 unit dan RTLH lansia 2 unit yang bersumber dari dana APBD,” kata Nelly. Sementara itu, Bupati saat memberikan sambutan mengatakan, alasan dilaksanakannya pembangunan rumah karena indikator kemiskinan terlihat dari rumah. Rumah lantai, tidak ada jendela, atap rumbia dan dinding pitate semua masuk RTLH. “Ini semua adalah upaya pemerintah selain membantu mengangkat taraf hidup masyarakat miskin juga upaya pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” terang Bupati. Dijelaskannya, program ini dimulai pada tahun 2016. Karena tahun sebelumnya sudah diberikan bantuan berupa uang dan bahan, malah dijual. Sekarang program ini dirubah dan dilihat mana yang wajib menerima itu semua. “Sekarang rumahnya dibangun dengan anggaran Rp. 50 juta, nanti sudah selesai baru dikasih,” jelasnya.
Lanjutnya, DPRD dan Pemda, Kata Bupati, telah sepakat untuk tahun ini akan fokuskan kepada program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan) dengan berbagai macam contoh perbaikan RTLH menjadi layak huni. “Insya Allah keluarga yang mendapatkan rumah ini akan selalu sehat dan tetap ingat kepada Allah SWT. Bersyukur kepada Allah SWT. Semua atas karunia Allah,” terangnya.
Diketahui, penyerahan kunci RTLH oleh Bupati, disaksikan langsung Ketua DPRD Bolsel, Hi Abdi Van Gobel, Sekretaris Daerah (Sekda) Indra Damopolii, Wakil Ketua DPRD, Abdul Razak Bunsal dan Fadli Tuliabu,  para Anggota Dewan, TNI dan Polri, SKPD, Camat, Sangadi dan Masyarakat. (Lio)
Baca Juga:  Retribusi Petugas Pos Angkutan di Cabut

Komentar

BERITA LAINNYA