oleh

Bolsel Miliki Khas Batik Sendiri

BOGANINEWS, BOLSEL – Pada pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016, yang di gelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan (Bolsel), pada Kamis (10/11) pekan lalu, ada yang berbeda pada pakaian yang digunakan Bupati Bolsel, Hi Herson Mayulu SIP, saat menjadi Inpsektur Upacara (Irup).
Bupati mengenakan baju batik bermotif perpaduan garis geometeris berwarna merah dominan dengan dasar putih. Sehingga terlihat apik dan tampil beda. Begitu juga kacamata yang di pakai berbingkai merah, membuat perpaduan batik tambah lebih serasi dan menarik. Kain batik ini akan menjadi khas daerah Bolsel, yang mulai dipopulerkan oleh Bupati. Bupati sendiri pertama kali menggunakan batik ini, pada peringatan hari pahlawan. “Memang tampak sangat berbeda dari para tamu dan undangan peserta upacara lainnya. Secara tidak langsung, bupati sudah menampilkan ciri khas batik Bolsel,” kata sejumlah tamu dan undangan yang hadir pada peringatan hari pahlawan tersebut.
Menurut Bupati, pakaian jenis batik ini asli buatan putra daerah Bolsel, dari suku Bolango, dan nantinya akan dijadikan seragam khusus daerah. “Kain ini disebut ‘Pinahangi’ dan menjadi khas batik Bolsel,” terang Bupati. Lanjutnya, momentum Ini sangat tepat, karena bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. “Maknanya adalah apa yang mampu kita berikan untuk daerah yang sama-sama kita cintai,” ucap Herson memberikan motivasi.
Dia berpendapat, jika di Minahasa punya Bentenan dan Gorontalo Karawo, maka Bolsel punya Pinahangi yang corak kainnya atas kreasi anak-anak muda Bolango. “Pinahangi adalah milik pakaian Bolsel dan kebanggaan kita semua,” kata top eksekutif Bolsel ini. Dikatakannya lagi, nanti pakaian ini, pada tahun 2017 akan dijadikan seragam setiap hari kamis. Kemudian batik Pinahangi ini tidak hanya dikenakan Aparatur Sipil Negara (ASN) tapi juga dapat dipakai oleh seluruh siswa bahkan sampai TK termasuk para Sangadi (kepala desa) wajib menggunakannya. “Pakaian batik akan dipakai di hari Jumat. Nantinya akan ada peraturan bupati tentang pakaian Pinahangi ini,” tambah bupati. (Lio)
Baca Juga:  Pemkab Bolsel Minta Warga Waspadai Siklus Tahunan

Komentar

BERITA LAINNYA