Dandes Diminta Segera Cair

BOGANINEWS, BOLMUT – Pihak DPRD Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), kembali mengingatkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), agar dapat mencari solusi soal pencairan Dana Desa (Dandes) Tahap I.

Hal ini dikatakan Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko, bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) harus memperhatikan dan mencarikan solusi untuk segera merealisasikan Dandes. “Sampai saat ini belum ada kejelasan pencairan dana desa. Jangan sampai berimbas pada pekerjaan di desa,” jelas Bangko.

Sementara Kepala Dinas PMD Fadli Tadjudin Usup, menjelaskan, saat ini seluruh desa nyaris telah memenuhi proses penginputan APBDes dari manual ke aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). “Aparat desa, BPD dan masyarakat, tinggal membuat Peraturan Desa (Perdes) APBDes tahun 2017. Jika sudah terpenuhi, maka selanjutnya akan disampaikan ke instansi teknis,” terangnya.

Ditambahkannya, kalau semua sudah terpenuhi, maka dalam waktu dekat akan direalisasikan dana desa untuk Tahap I ke rekening desa masing-masing. “Dipastikan bulan ini Dandes akan segera ditransfer ke rekening desa, karena semua dokumen yang dibutuhkan hampir rampung,” akunya. (WaOne)

Komentar