Diparbud Bolsel Kerjasama Dengan WCS Kembangkan Sektor Wisata TNNW

BOGANINEWS, BOLSEL – Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNNW) yang berada di wilayah Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), akan dikembangkan menjadi sektor wisata. Untuk itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bolsel, akan bekerjasama dengan lembaga Wildlife Conservation Society (WCS) untuk program tersebut.

Menurut Kepala Disparbud Bolsel, Resli Paputungan, kerjasama ini dilakukan untuk memperkenalkan TNNW di mata dunia. Sebab, TNNW ini, dikenal dengan keanekaragaman burung endemiknya, seperti Moleo. “Kita akan promosikan Taman Nasional ini bersama paket tournya,” aku Resli, Kamis (9/03).

Lanjutnya, pihak pengelolah TNNW dan WCS, menyambut baik rencana tersebut. Bahkan dalam waktu dekat ini akan dibuat Memorandum Of Understanding (MOU). “MoU dengan kedua pihak ini akan segera kita tindaklanjuti,” ucapnya. Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Promosi Wisata Delfian Thanta mengatakan, kerjasama ini akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. “Keuntungannya akan kita bagi dua dengan pengelolah taman nasional,” kata Delfian.

Dari pihak manajemen WCS melalui perwakilannya Riza, mengatakan, kerjasama ini akan berdampak positif bagi masyarakat di sekitar TNNW. “Masyarakat nantinya akan mengenal hewan apa yang dilindungi,” jelasnya.
Begitu juga dengan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II, Agung Triono menjelaskan, kerjasama tersebut sejalan dengan visi dan misi Kementerian Lingkungan Hidup. “Kerjasama ini sangat positif. Kita akan upayakan secepatnya terealisasi,” ucapnya. (Alan)

Komentar