Beranda Boltim Besok Ribuan Peserta CPNS 2019 Boltim Mengadu Nasib

Besok Ribuan Peserta CPNS 2019 Boltim Mengadu Nasib

0
BAGIKAN
Rezha Mamonto
BOGANINEWS, BOLTIM – Sebanyak 1191 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan mengadu nasib untuk mengikuti Seleksi Kompetisi Dasar (SKD), dengan sistim Computer Assested Test (CAT) Sabtu (15/2/2020) besok, di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara (Minut).

Kepala Badan (Kaban) Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim, Rezha Mamonto mengatakan, untuk pelaksanaan kegiatan SKD dengan sistem CAT ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrat (MenPAN-RB) RI tentang kriteria penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pelaksanaan seleksi CPNS. Salah-satu syarat untuk menjadi PNS yaitu mengikuti SKD dengan sistim CAT.

“Seleksi CPNS Boltim akan dilaksanakan besok di Hotel Sutan Raja Minut. Jika tidak ada halangan, akan di buka langsung oleh Bupati Boltim Sehan Landjar,” kata Rezha.

Dijelaskannya, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019, ada tiga kelompok soal masing-masing Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Jika lolos tahap itu, peserta akan melanjutkan proses Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Peserta yang lulus SKD akan dilanjutkan dengan tes SKB. Namun untuk lulus SKD, peserta harus mencapai ambang batas atau passing grade yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Lanjutnya, jika ada peserta tidak lulus atau tidak mencapai passing grade dalam satu formasi, pihaknya akan berkoordinasi dengan MenPAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). “Kita akan koordinasikan dulu, agar ada solusinya untuk pemenuhan kebutuhan pegawai Boltim,” ucapnya.

Dikatakannya lagi, pelamar yang sudah mengambil kartu peserta ujian baik formasi tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis, agar disimpan dengan baik hingga waktu pelaksananya. “Jangan lupa bawa kartu ujiannya, belajar dan berdoa. Siapkan diri kalian agar bisa menyelesaikan soal-soal SKD dengan baik,” pesan Kaban BKPSDM. (Agung)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.