Desa Talaga Tomuagu Kembali Meriahkan Festival Monunjulo Lambu

BOGANINEWS, BOLMUT – Tradisi Festival Monunjulo Lambu dilaksanakan rutin setiap tahun di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), salah satunya di Desa Talaga Tomuagu, Kecamatan Bolangitang Barat, dengan semarak lampu botol dan lampu hias menghiasi lapangan dan jalan di Desa Talaga Tomuagu.

Ketua Karang Taruna Desa Talag Tomoagu Junardi Mahyun, mengatakan, kegiatan ini bukan tentang juara, tetapi ingin memberikan, suatu tontonan buat masyarakat dan menjadi hiburan bagi warga jelang akhir ramadan.

“Festival Mononjulo Lambu dilaksanakan serentak oleh masyarakat Desa Talaga Tomuagu, tepat di malam ke-27 Ramadan. Jadi tiga hari menjelang 1 Syawal atau Hari Raya Idul fitri. Sebanyak 2.500 lampu botol dan 500 lampu hias menerangi Desa Talaga Tomuagu,” jelasnya.

Sementara itu, Sangadi Desa Talaga Tomuagu, Abdulah Lauma, Senin (8/4/2024) mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Talaga Tomuagu, karena setiap tiga hari menjelang Idul Fitri dilaksanakan malam pasang lampu atau lebih dikenal dengan istilah Monunjulo lambu.

“Adanya kegiatan seperti ini, akan memperkuat tali silaturahmi dan kebersamaan masyarakat Desa Talaga Tomuagu. Ini sudah menjadi tradisi masyarakat yang sudah berlangsung sejak lama. Hal ini dilakukan masyarakat khususnya umat muslim untuk menyambut malam Lailatulqadar di penghujung bulan Ramadhan,” ungkap Lauma.

Reporter: Indrawan Laupu