Bupati Bolsel Bersama Wabup Hadiri Paripurna LKPJ Tahun 2023

BOGANINEWS, BOLSEL- Bupati Bolaang Mongondow Selatan Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt, M.Si Rabu (8/5/2024) menghadiri Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolsel dalam rangka Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2023, bertempat di Gedung DPRD Bolsel.

Selain penyampaian LKPJ kepala daerah, DPRD Bolsel juga menggelar paripurna Pembicaraan Tingkat II atas Penetapan Ranperda Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, yang dipimpin langsung ketua DPRD Bolsel Arifin olii dan didampingi wakil ketua Salman Mokoagow.

Bupati Bolsel menjelaskan Capaian kinerja penyelenggaraan urusan pemerintah dan pelaksanaan pembangunan yang dituangkan dalam Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah merupakan hasil koordinasi, kerjasama dan partisipasi semua stakeholders pembangunan mulai dari pemerintah daerah, DPRD, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat luas sesuai dengan bidang, tugas dan fungsinya masing-masing.

“Pencapaian kinerja program yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah pada tahun 2023 ini merupakan realisasi dari seluruh aktivitas pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran eksekutif bersama DPRD,” kata Bupati.

Ia juga mengapresiasi bahwa Pansus DPRD telah bekerja intens dan maksimal dalam mengevaluasi LKPJ 2023 serta memberikan penghargaan kepada para pihak yang selalu berinteraksi demi kepentingan pembangunan.  “Apresiasi kepada DPRD terutama Pansus yang sudah bekerja intens mengevaluasi LKPJ ini. Tentu, apa yang menjadi catatan dari tiap-tiap fraksi kami akan tindaklanjuti untuk dijadikan bahan masukan demi perbaikan ke depan,”. Tuturnya.

Bupati menegaskan terkait berita yang beredar dimedia sosial tentang stunting, bahwa berdasarkan data ePPGBM terkini bulan Maret 2024 jumlah balita stunting ada 145 anak dan prevalensi stunting di angka 2,68%. “Januari 2023, stunting Bolsel masih berada di angka 241, lalu data terakhir Maret 2024 tinggal 145 anak stunting. Tentu ini merupakan perkembangan signifikan,” tandasnya.

Diketahui, Turut hadir pada Paripurna DPRD tersebut diantaranya, Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, Sekda Bolsel M. Arvan Ohy, para Asisten Sekda, Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, para Camat dan Sangadi serta jajaran ASN lingkup Pemkab Bolsel.

 

Reporter: Holan Botutihe