Meiddy Makalalag Hadiri Undangan Halal Bihalal Masyarakat Desa Bilalang Satu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Ketua DPRD Kota Kotamobagu, Meiddy Makalalag atau yang akrab disapa Mekal, Sabtu (4/5/2024) kembali menghadiri undangan halal bihalal yang digelar di Kecamatan Kotamobagu Utara.

Kali ini, Meiddy Makalalag mengadiri undangan halal bihalal yang digelar pemerintah dan masyarakat Desa Bilalang Satu, dengan tema “Mari Kita Menjalin Ukhuwah Islamiyah Leburkan Segala Kesalahan dan Khilaf Melalui Halal Bihalal” tersebut digelar di Desa Bilalang I”.

Selain Ketua DPRD Kota Kotamobagu, turut hadir Pj Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani, Sekretaris Daerah Bolaang Mongondow Abdullah Mokoginta, anggota DPRD Kota Kotamobagu Adrianus Mokoginta, anggota DPRD Kota Kotamobagu Novy Reggie Manoppo, mantan Wakil Wali Kota Kotamobagu Jainuddin Damopolii dan Nayodo Koerniawan, Sangadi Desa Bilalang Satu Hj Badaria Mokoginta, Ketua KNPI Kotamobagu Shandry. A. Hasanuddin, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan masyarakat Desa Bilalang Satu.

Usai kegiatan, Meiddy Makalalag saat diwawancarai, menyambut baik langkah yang diambil beberapa desa/kelurahan di Kota Kotamobagu untuk menggelar halal bihalal, dimana acara seperti ini kata Meiddy sudah menjadi tradisi yang sangat baik, positif dan insyaallah hal ini akan terus berkesinambungan.

“Acara ini sangat baik untuk mempererat tali silaturahmi, menghilangkan segala perbedaan, saling maaf-memaafkan, dan kembali kepada fitrah manusia,” ujar Mekal.

Kegiatan tersebut kemudian diakhiri dengan saling salam bersalaman dan makan bersama yang disediakan langsung oleh masyarakat Desa Bilalang 1.

Sekadar diketahui, halal bihalal adalah salah satu tradisi di Indonesia yang selalu hadir selepas perayaan Idul Fitri. Halal bihalal biasanya dilakukan dengan bersilaturahmi ke rumah tetangga, saudara, dan kerabat. Pada acara halal bihalal, tiap orang akan saling memaafkan dan bersalam-salaman.

Sejak menjadi tradisi yang terus berkembang hingga saat ini, halal bihalal juga berkembang menjadi ajang “open house“, di mana sebuah rumah atau instansi mengundang orang untuk datang bersilaturahmi.