Bawaslu Bolmut Buka Pendaftaran Panwascam

BOGANINEWS, BOLMUT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), telah membuka perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), guna menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Ketua Bawaslu Bolmut, Abdul Muin Wengkeng mengatakan, Bawaslu Bolmut akan melakukan pemetaan atas keterpenuhan Panwaslu Kecamatan (Peserta Existing) berdasarkan evaluasi kinerja, dalam hal peserta existing kurang dari tiga orang. Apabila tidak memenuhi nilai evaluasi kinerja dengan ambang batas minimal dalam penilaian evaluasi kinerja, maka dilakukan proses rekrutmen bagi pendaftar baru.

Sesuai pedoman pembentukan dari Bawaslu, maka mekanisme pembentukan Panwaslu Kecamatan yang nantinya akan bertugas mengawasi pelaksanaan Pilkada Bolmut 2024 akan menggunakan dua mekanisme yakni, evaluasi kinerja dan perekrutan baru.

“Perekrutan Panawaslu Kecamatan jika dalam proses evaluasi akan dilakukan dengan mekanisme yang selektif, sebagaimana standar evaluasi yang telah dipersiapkan oleh Bawaslu RI,” kata Muin, Rabu (24/4/2024).

Lanjutnya, dalam proses evaluasi akan merujuk pada teknis evaluasi yang telah diatur oleh Bawaslu RI, karena apabila dari hasil evaluasi terdapat anggota Panwas Kecamatan yang tidak memenuhi syarat, dilakukan proses pendaftaran untuk mengisi kebutuhan tersebut.

“Penerimaan serta verifikasi berkas adimistrasi anggota Panwaslu Kecamatan existing tanggal 23-27 April 2024. Namun peneriman serta penilitian dan verifikasi adimistrasi bagi pendaftar baru tanggal 5-7 Mei 2024,” terang Wengkeng.

 

Reporter: Indrawan Laupu