Buka Sosialisasi Pelaku UMKM, Bupati Bolsel Serahkan Bantuan Kepada 62 Kelompok 

BOGANINEWS, BOLSEL- Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru SPt, MSi Selasa (27/12/2022 membuka kegiatan Sosialisasi kepada Kelompok Pelaku Usaha mikro kecil menengah (UMKM) tentang Bantuan Hibah Barang yang digelar di Aula Kantor Camat Bolaang Uki.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Iskandar juga menyerahkan secara simbolis bantuan UMKM kepada 62 kelompok yang terdiri dari 59 kelompok UMKM dan 3 koperasi.

Bupati menyampaikan pemberian bantuan hibah barang kepada pelaku usaha mikro dan koperasi dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui kelompok. “Sehingga dengan semakin banyaknya kelompok usaha masyarakat yang memperoleh bantuan diharapkan mampu membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat demi mewujudkan kesejahteraan,” Kata Bupati.

Bupati mengatakan Pemerintah Daerah telah banyak melaksanakan Program pemberdayaan UMKM dan Koperasi untuk masyarakat, baik yang bersumber dari APBD melalui program Kementerian berupa uang tunai kepada pelaku usaha mikro dan program penggantian pembelian bahan baku usaha mikro.

“Saat ini juga sementara berlangsung program pensertifikatan tanah milik pelaku UMKM kerjasama dengan Badan Pertanahan yang mana pada tahun 2022 ini Bolsel memperoleh 50 buah sertifikat tanah gratis bagi pelaku UMKM dan masih akan berlanjut pada tahun 2023,” jelasnya.

Bupati berharap, para pelaku usaha agar terus mengembangkan usahanya serta mengasah kemampuan untuk terus berinovasi dalam berusaha. ” Baik berupa penambahan jumlah jenis produk yang dihasilkan maupun pengembangan terhadap kualitas produk dan perluasan pemasaran produk,” Tuturnya.

Ia juga menegaskan agar bantuan yang telah diserahkan agar dijaga dengan baik dan ada pemantauan dari Dinas terkait untuk mengetahui perkembangannya. “Ketika ada peningkatan maka tentunya akan mendapat bantuan lebih besar lagi sebagai pengembangan dari usaha,”. Terangnya.

Diketahui, turut hadir Asisten II Muh. Suja Alamri SPd, Staf Khusus Bupati, Kadis Sosial Syaiful Botutihe, Kadis Koperasi UMKM, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Muh. Basri Sutrimo SSTP, Camat Bolaang Uki, para peserta kegiatan dan undangan lainnya.***

 

Reporter: Holan Botutihe

Komentar