Bawaslu Bolsel Buka Seleksi Panwaslu Kecamatan

BOGANINEWS, BOLSEL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), mulai membuka seleksi perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan yang ada di tujuh Kecamatan.

Menurut Sekretaris Bawaslu Bolsel Verawaty F. Kaawoan, tahapan seleksi perekrutan Panwaslu Kecamatan sudah mulai di buka. “Tahapan perekrutan Panwaslu sudah di buka sejak 21 September hingga 27 September mendatang, untuk pendaftaran dan penerimaan berkas calon Panwaslu Kecamatan,” kata Verawaty, Kamis (22/9/2022).

Dikatakannya, hingga hari kedua sejak pengumuman tahapan pendaftaran dan penerimaan berkas, yang sudah mengambil berkas sekitar 58 orang yang tersebar di setiap kecamatan yang ada di Bolsel. Selain itu, ada juga yang mengambil berkas formulir lewat online.  “Saat ini 10 orang sudah memasukkan berkas kembali kepada panitia perekrutan,” ungkapnya.

Dijelaskannya lagi, sistem pelaksanaan tes dilakukan secara manual. Mengingat anggaran yang ada, sehingga tes calon panwascam secara ofline dan akan dilakukan di Molibagu. Dan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mencantumkan izin dari pimpinan. “Untuk regulasi ASN, BPD, Sangadi harus ada izin dari pimpinan paling tidak mengetahui Bupati. Juga kepada ASN yang memegang jabatan di instansi harus mengundurkan diri jabatan,” terangnya.

Ia juga berharap, perekrutan Panwancam ini secara keseluruhan mendapat animo baik dari masyarakat. “Jika ada enam orang mendaftar disatu kecamatan, maka dianggap memenuhi syarat,” jelasnya.

Reporter: Holan Botutihe

Komentar