Bupati Bolsel Lantik 38 Sangadi Periode 2022-2028

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, Bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, Selasa (5/7/2022) melantik dan mengambil sumpah 38 Kepala Desa (Sangadi) terpilih pada pemilihan serentak se-Kabupaten Bolsel masa jabatan 2022-2028 yang dilaksanakan  di lapangan Futsal, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki.

Dalam sambutannya, Bupati merasa bangga karena diantara 38 orang Sangadi yang dilantik, ada 6 orang Sangadi perempuan. Ini jadi bukti bahwa perempuan-perempuan Bolsel sangat hebat, dan bisa bersaing dengan laki-laki.

“Atas nama jajaran pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat kepada para Sangadi yang baru saja dilantik. Rangkul semua warga dan kesampingkan semua perbedaan dan rajut kembali persaudaraan dalam semangat kebhinekaan. Selamat bertugas dan berkarya, serta maknai jabatan saudara sebagai anugerah dan amanah yang harus dijalankan dengan baik karena nanti akan diminta pertanggungjawabannya di dunia dan akhirat,” kata Bupati.

Bupati juga mengajak, para Sangadi harus mampu membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD, sekaligus bersinergi dan terus bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, dan juga dalam menjalankan tugas dan kewajiban, hendaknya terus berada dalam bingkai aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya tidak ingin ada lagi sangadi terjerat masalah hukum karena penyalahgunaan wewenang. Berhati-hatilah dan terus berkoordinasi ke instansi teknis terkait penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran,” pintanya

Dikatakannya, penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) untuk enam tahun ke depan, agar menyelaraskannya dengan arah dan kebijakan pembangunan kabupaten.

Dijelaskannya, desa adalah bagian dari sistem pemerintahan di NKRI, maka sudah kewajiban sangadi untuk tunduk dan patuh terhadap jenjang birokrasi pemerintahan.

“Para sangadi agar jangan mempersulit hal ini dan tidak membeda-bedakan mana pendukung dan bukan pendukung,” tegasnya

Diketahui, pada pelantikan tersebut diantaranya, Forkopimda Bolsel, Ketua DPRD Ariffin Olii bersama Anggota DPRD lainnya, para pejabat instansi vertikal, Sekda bersama jajaran pimpinan PD, para Camat, dan masyarakat. (Advertorial)

Reporter: Holan Botutihe

Komentar