Perpusnas RI Survei Lokasi Pembangunan Gedung Perpustakaan Bolmong

BOGANINEWS, BOLMONG – Tim Survei Perpustakaan Nasional (Perpusnas RI) yang terdiri dari Bagian Penyusunan Program dan Anggaran, T. Wisnu Pamungkas dan dari Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus yakni Fandi Rahman Hidayat, Kamis (30/6/2022) sekitar pukul 13.00 Wita melakukan peninjauan lokasi untuk pembangunan gedung layanan perpustakaan di Kabupaten Bolmong.

Peninjauan lokasi pembangunan gedung layanan perpustakaan ini, didampingi langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Bolmong, Sumarni B. Bonde SE, Tim Tehnis dari Dinas PU dan para kepala Bidang.

Adapun lokasi pembangunan tersebut terletak di Desa Padang, Kecamatan Lolak, yang direncanakan akan dibangun dengan anggaran 10 M bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dengan luas lahan 7.700 meter persegi, Tim Survei berharap, Pemerintah Kabupaten Bolmong bisa mendapat anggaran tersebut.

“Jika melihat dari luas lahan, tidak adanya gedung perpustakaan di daerah Bolmong, usulan pembangunan gedung perpustakaan lewat Aplikasi KRISNA berpeluang untuk mendapat anggaran pembangunan tahun depan,” ujar Wisnu saat melakukan peninjauan lokasi.

Ia juga menambahkan, karana DAK penugasan dari Perpusnas RI maka Dinas perpustakaan harus bergerak cepat dan tanggap karena ada beberapa dokumen yang harus secepatnya dilengkapi.

Hal senada juga disampaikan Fandi, ketika ada singkronisasi, beberapa dokumen harus sudah lengkap dan sesuai dengan Juknis. Sehingga apa yang menjadi tujuan dalam pembangunan gedung perpustakaan bisa tercapai.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Sumarni Bonde juga mengungkapkan sangat berharap usulan yang diajukan lewat Aplikasi Krisna bisa diapresiasi oleh Perpusnas RI. Apalagi dengan adanya tim survey dari Perpusnas RI yang datang ke daerah Bolaang Mongondow.

“Dengan kedatangan Tim survey ke daerah Bolmong, apa-apa yang menjadi keterbatas dinas perpustakaan dalam memajukan budaya literasi menjadi pertimbangan besar untuk mengucurkan dana pembangunan perpustakaan,” ujarnya.

Untuk tahun depan Dinas Perpustakaan Bolmong, sambung Bonde, mengajukan usulan pembangunan gedung perpustakaan, pengadaan perabot dan pengadaan Bahan Pustaka baik cetak dan digital.

Reporter: Sutrisno Tola

Komentar