Bupati Bolsel Buka Pertemuan Rembuk Stunting

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, Kamis (30/06/2022) membuka secara resmi pertemuan Rembuk Stunting sebagai rangkaian aksi konvergensi stunting ke-3 yang dilaksanakan di lapangan Futsal, kawasan perkotaan Panango, Kecamatan Bolaang Uki. Kegiatan ini dalam rangka upaya percepatan penurunan resiko dan prevelensi stunting di Kabupaten Bolsel.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan pelaksanaan intervensi percepatan penurunan stunting merupakan program Pemerintah Pusat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, sebagai upaya mencegah terjadinya kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan oleh faktor multi dimensi yang terjadi di masyarakat.

Dikatakannya, ini sebagai wujud komitmen Pemda dalam upaya memutus mata rantai siklus kemiskinan gizi dan kekerdilan di daerah ini, maka dilaksanakan sosialisasi Perbup Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Peran Desa Dalam Pencegahan Stunting, dimana pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari delapan aksi konvergensi penurunan stunting di Bolsel.

Bupati menghimbau, perangkat daerah terkait untuk fokus dan cermat dalam setiap program yang dijadikan acuan dalam mendukung intervensi percepatan penurunan resiko dan prevelensi stunting, utamanya di wilayah lokus dan seluruh desa pada umumnya.

Ia juga meminta  semua pihak yang terkait dengan intervensi penurunan resiko dan prevalensi stunting, agar bekerja dengan penuh tanggungjawab serta bahu membahu dalam melaksanakan setiap aksi integrasi konvergensi penurunan stunting yang muaranya dapat menurunkan prevelensi dan resiko stunting yang ada di Bolsel.

“Saya mengharapkan kepada para sangadi, agar memprogram dan menganggarkan dalam APBDes, kegiatan pencegahan dan penurunan stunting di desanya masing-masing, sehingga terwujud generasi baru yang sehat, cerdas, kompetitif serta berkualitas baik dari segi fisik maupun mental,” pintanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, unsur Forkopimda Kabupaten Bolsel, Sekda Marzanzius Arvan Ohy bersama jajaran pimpinan PD, para narasumber dan stake holder terkait, serta para Camat, Sangadi dan undangan lainnya.

Reporter: Holan Botutihe

Komentar