Media Gathering Digelar Bawaslu Bolmut Berlangsung Alot

BOGANINEWS, BOLMUT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Rabu (3/4/2019) menggelar kegiatan Media Gathering yang dilaksanakan di Warong Kopi (Warkop) Basudara Desa Boroko Kecamatan Kaidipang.

Kegiatan tersebut berlangsung alot, sehingga menimbulkan sejumlah pertanyaan dari para awak media dan LSM Penjara terkait proses pengawasan Bawaslu pada Pemilu Tahun 2019. Seperti dikatakan Ketua LSM Penjara Rafik Patingki, pihaknya menilai Bawaslu Bolmut kurang efektif dalam proses pengawasan Pemilu.

“Banyak dugaan pelanggaran yang dilakukan masyarakat Bolmut. Bahkan ada laporan LSM Penjara terkait pelanggaran pemilu, sampai saat ini tidak di proses Bawaslu,” kata Rafik. Ia juga menambahkan, sejauh ini pelanggaran Pemilu yang ditangani oleh Bawaslu, tidak ada yang dibeberkan baik ke pihak media maupun LSM.

“Kami berharap, agar lembaga Bawaslu dapat menindaklanjuti beberapa aktivitas di media sosial yang akhir-akhir ini banyak membagikan konten yang bernuansa provokatif. Bawaslu dapat memproses ini sebagai temuan dan tak harus menunggu laporan, karena Bawaslu dibentuk untuk dapat mengawasi pelanggaran pemilu, bukan lembaga menunggu laporan,” tegas Rafik.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Bolmut Misrawati Pakaya mengatakan, pihak Bawaslu dalam penanganan laporan punya prosedur yang harus di ikuti.

“Kami punya prosedur yang harus kami taati. Terima kasih kepada teman-teman pers Bolmut yang turut serta dalam hal pengawasan. Kritikan dari teman-teman bisa menjadi suport bagi kami dalam pelaksanaan tugas dan kerja-kerja Bawaslu,” kata Misrawati.

Ia juga menekankan untuk pihak yang melaporkan kasus pelanggaran seperti money politik, jika terbukti dan memenuhi unsur pelanggaran, maka pihaknya akan memberi membeberkan kepada pihak media dan Publik.

“Jika ada temuan pelanggaran kami akan beberkan ke publik,” janji Misra.

Diketahui, kegiatan Bawaslu tersebut dihadiri Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Mustarin Humangi, staf Bawaslu Sulut, staf Bawaslu Bolmut, LSM Penjara, serta  para pewarta di Bolmut. (WaOne)