Meriahkan HUT Kabupaten ke -10 Pemkab Bolsel Gelar Festival Paka-Paka Ombak

BOGANINEWS BOLSEL Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow ke-10, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel menggelar Festival Paka-Paka Ombak yang dipusatkan di pantai Sondana, pada Sabtu (21/7).

Festival ini dihadiri langsung oleh Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu SIP (H2M) dan Wakil Bupati Iskandar Kamaru SPt, sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya H2M mengakatan, Festival Paka-Paka Ombak dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Kabupaten. Selain menyemarakan peringatan HUT Bolsel, Bupati juga mengajak masyarakat untuk kembali mengenang tradisi yang lahir dari paka-paka ombak. “Kita dibesarkan dari hasil laut. Orang tua kita yang dengan cara tradisional mencari penghidupan di laut,” ungkap H2M.

Dikatakannya, festival ini dalam bahasa Bolango disebut Pomuasa yang berarti paka-paka ombak. Kegiatan ini bertujuan mengeksplorasi potensi kelautan yang merupakan sumber daya Kabupaten Bolsel yang memiliki perairan yang sangat luas. “Bolsel terbentang di Teluk Tomini dengan panjang pesisir pantai kurang lebih 300 kilometer dari iligon sampa dengan Molosipat. Kita memiliki potensi kekayaan laut yang begitu besar,” jelasnya.

Secara inplisit, kegiatan ini juga bertujuan untuk selalu menjaga kebersihan laut dan tepi pantai, serta melestarikan biota laut. “Ada biota laut yang hidup secara endemik yang harus dilestarikan,” ucap Bupati. Lanjutnya, Festival Paka-Paka Ombak ini, direncanakan akan ditetapkan sebagai agenda tahunan di Bolsel. “Ini akan menjadi pekerjaan Fhising Club yang sudah ada,” kata Bupati.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana Barata Prabowo Asmoni menyampaikan, tempat pelaksanaan fertival tersebut sepanjang pantai Boulevar Desa Sondana dan di ikuti 81 desa se Kabupaten Bolsel. “Yang hadir hanya 60 desa, dengan jumlah peserta 610 atau 61 club,” jelasnya. Diketahui, hadiah utama Festival Paka-Paka ombak ini satu unit sepeda motor. (Holan)